11 Cara Menjadi Hacker

oleh

Dari jaman jebot sampai jaman sekarang, pertanyaan ini terlalu sering ditanyakan di forum-forum underground.

Gimana sih cara jadi hacker ? Ajarin dong.

Kalau jadi hacker gampang, semua orang bakalan jadi hacker, ngintip lalu lintas data temen sebelahnya atau nyuri email presiden.

Tapi mimin akan berikan kisi-kisi buat kamu yang masih meraba-raba bagaimana menjadi hacker secara “umum”. Cekidot.

1. Terbiasa Menggunakan Linux

sumber: securityonlinux

sumber: securityonlinux

Kenapa menggunakan linux ? kamu pasti bertanya-tanya. Jawabannya sederhana, karena linux itu powerful. Dalam linux kamu dapat menemukan ribuan tools yang sangat membantu kamu.

Apalagi banyak server yang menggunakan linux dan kamu tentu harus tau seluk beluk target terlebih dahulu kalau pingin ‘nembak’ yang dalam konteks ini ya si linux.

2. Jaringan Komputer

hub_jaringan

Kalau kamu sudah tau fundamental jaringan komputer, bagaimana alur kerja dari protokol http, tcp, ip dll dapat memberikan kamu pondasi yang kuat.

Dengan mengerti fundamental jaringan komputer, dapat memberikanmu insight pilihan atau teknik serangan yang akan kamu lakukan.

Model serangannya sendiri macem-macem bero bisa berupa Packet Sniffing, IP Address Spoofing, Eavesdropping dll.

3. Teknik Psikologi

komunikasi

Pasti kamu mikir, kalau hacker itu mainannya teknis mulu, gimana kudu jebol facebook pacar, sadap komunikasinya, dan seterusnya.

Padahal kalau tau teknik psikologi kita bisa memanfaatkan social engineering, untuk menipu daya korban dan biasanya ini yang sering dipakai contohnya sama om kevin mitnick.

Karena pada dasarnya, sistem terlemah itu bukan terletak di teknologi, tapi di manusianya.

4. Mengumpulkan Informasi

informasi_pribadi

Sebelumnya sempet disinggung sedikit, kalau pengen ‘nembak’, kita kudu PDKT. PDKT itu biasanya ngapain aja ? pastinya cari informasi si doi kan.

Nah kamu harus bisa mengumpulkan informasi dari target, dari informasi ini kamu bisa menentukan strategi seranganmu.

Misalnya setelah kamu mengumpulkan informasi diketahui target ternyata memakai sistem operasi Windows XP, selanjutnya kamu tinggal mencari celah keamanan di google yang belum ditambal di sistem operasi Windows XP.

Kadang informasi seperti tanggal lahir dan warna kesukaan menjadi celah klasik dari jaman dulu yang biasa ada di password, wkwkwk.

5. Menguasai Pemrograman

source_code

Kamu ga harus menguasai semua bahasa pemrograman, yang penting cukup bisa 1-2 bahasa pemrograman sudah cukup membantu kamu untuk terbiasa yang namanya sama pemrograman.

Dengan menguasai pemrograman, kamu bisa melakukan problem solving terhadap masalah yang kamu ingin pecahkan.

Anggaplah kamu pingin nebak password si itu dengan kondisi tertentu dimana ga bisa pake tools yang ada di internet, kenapa ga buat sendiri aja programnya ?

Yes, para hacker kalau ga nemu tools yang mereka inginkan, otomatis mereka akan bikin sendiri dengan bekal ilmu pemrograman yang mereka miliki.

6. Pelajari Kriptografi

sumber: Parabing

sumber: Parabing

Kriptografi sudah jadi hal umum di dunia teknologi saat ini. Beda dibanding jaman dulu dimana internet itu awalnya didesain karena asas saling percaya.

Jaman sekarang yang sudah terkoneksi dengan miliaran perangkat, pasti ada aja orang dengan niat jahat macam kamu wkwk.

Dengan belajar kriptografi kamu bisa memecahkan informasi rahasia seperti kata sandi bahkan informasi sensitif. Ada banyak model kriptografi macam blowfish, RSA, DES dll.

7. Memahami Perangkat Keras

raspberry-pi_dekat

Selain perangkat lunak, kamu juga harus tahu memahami perangkat keras dan bagaimana cara kerja mereka. Jika melalui perangkat lunak kamu gagal meretas, maka ada alternatif lain via perangkat keras.

Kalau perangkat lunak keylogger bisa dikenali antivirus, kenapa tidak coba keylogger dalam bentuk usb yang bisa disempilkan ?

Atau kamu dapat memodifikasi board computer macam raspberry pi agar bekerja sesuai dengan keinginanmu.

8. Bergabung di Komunitas

komunitas

Banyak komunitas hacking underground Indonesia yang bertebaran di internet. Salah satu yang masih idup yogyafree xcode, echo, jasakom, securityfocus dll.

Dengan bergabung di komunitas kamu bisa ikut nimbrung apa yang mereka diskusikan atau topik keamanan apa yang lagi hot.

9. Bisa Bahasa Inggris

bacaan_ereader

Kenapa bahasa inggris ? pasti pada banyak yang protes. Sabar-sabar. Simpel kok sebenernya alasannya.

Karena kalau kamu tau bahasa inggris, kamu bisa memahami manual atau referensi berkualitas tinggi yang biasanya hanya ada dalam bahasa inggris.

10. Tetap Anonim

begadang

Hacker yang baik itu tidak pernah menampilkan identitas aslinya. Apalagi yang terang-terangan deface situs pake komputer pribadi tanpa proxy yang anonym.

Alhasil diketok pintu rumahnya dan polisi sudah menunggu dengan kumis tebel nan ganteng. Mau gitu ga ? apalagi buat pemula yang masih coba-coba dan iseng, hal ini beresiko sekali.

Mungkin untuk di Indonesia ini kurang kali ya, tapi kalau di Amerika sono, aturan kayak gini sangat ketat sob. Jadi kamu kudu waspada dan selalu anonim.

11. Jaga Passion-mu

korek_api

Kalau kamu pingin jadi hacker yang hebat ga bisa cuma seminggu doang, tentunya bertahun-tahun. Jaga passionmu di dunia teknologi yang luas ini.

Kamu harus tau perangkat lunak, jaringan, perangkat keras, bahkan teknik psikologi untuk menjadi seorang hacker yang andal.

Akhir Kata

Dan tentunya artikel ini hanya memberikan kisi-kisi singkat bagaimana cara menjadi hacker, karena menjadi hacker sendiri tidak semudah memakai tools yang di download di internet, tinggal klik klik, bukan itu.

Atau sekedar kopi paste kode program dan ikut tutorial tanpa tau apa maksudnya like script kiddies, bukan itu juga. Untuk jadi hacker, kamu harus tau fundamentalnya.

Sekarang bagikan yuk komentarmu!

komentar

komentar