8 Kejadian yang Pasti Dialamin Pengguna Linux

oleh

Ternyata setelah gue lihat, banyak juga pembaca Ciepo yang make Linux, oke berhubung gue juga pengguna Linux, gue akan cerita beberapa pengalaman gue waktu makai Linux.

Gue sendiri sekarang make Slackware, sebelum dulunya make berbagai macem distro, mulai dari Ubuntu sampai Fedora udah gua coba.

Langsung aja dah ye, ini beberapa kejadian yang pasti dialamin pengguna Linux. Cekidot.

1. Gonta-Ganti Distro

ubuntu_distro

Biasanya pengguna Linux itu dikenal akan rasa penasarannya yang sangat tinggi. Melihat distro baru, tangan mereka jadi gatel pingin nyoba.

Misal hari ini Linux Mint, minggu depan gatel lihat komputer temen yang pake distro Gentoo dan akhirnya pingin nyobain (padahal installnya naudjubilah wkwk).

Namun jika sudah menemukan distro belahan hatinya, orang itu akan cenderung setia dan menjadi pengguna yang sangat loyal untuk waktu yang panjang.

2. Bujuk Temen Sekitar

anjing_diskusi

Kita para pengguna linux, pasti ada deh beberapa diantara kalian yang seperti ini. Yups, pengguna linux yang sukanya doktrin temen.

Doktrin ini bagaimana ? ya kamu ngajak temen-temenmu untuk pake Linux sama kayak kamu, mengatakan bahwa menggunakan bajakan itu najis (mandi besar dulu wkwk).

Pake linux aja deh, selain gratis (padahal kaga selalu), bebas virus, ringan, bisa bikin pinter (tergantung orangnya oey).

3. Mainan Konsol

sumber: securityonlinux

sumber: securityonlinux

Konsol disini maksudnya bukan PS3 atau XBOX One, bukan sob, jangan salah nyambung wkwk. Sebagai pengguna Linux kita tentunya harus terbiasa bermain dengan konsol.

Karena inti dari kekuatan Linux sendiri ada pada konsol terminal yang berbasis teks itu. Semua perintah-perintah serba guna ada disitu.

Lu pengguna Linux tapi kaga pernah mainan terminal konsol ? Idup lu kayak sayur asem kurang bawang goreng, kaga ada sedapnye euy.

4. Selalu Otak Atik

board_komputer

Dengan akses free software (as freedom) kita pengguna linux dapat memodifikasi software sesuka kita. Konfigurasi & kompilasi sudah jadi makanan kita sehari-hari.

Apalagi kalau ada info linux kernel terbaru, langsung dah ngacir buat download source kernel abis itu compile dah 😆 .

Gak jarang error jadi tantangan tersendiri, yang kadang juga ga nemu solusinya di internet jadi mumet sendiri meronta-ronta, ini gimane nyak ? 😥 .

5. Alergi Sama Microsoft

mimpi_buruk_linux_komik

Denger kata-kata proprietary membuat bulu guduk kita para pengguna Linux merinding disko. Kita seperti menatap seekor bayi culun setiap melihat pengguna Windows.

Bagi kita, apapun yang berbau Mikocok itu haram hukumnya, pokoke kudu open source. Titik. Biasa pake photoshop ? ada penggantinya yang keren namanya GIMP keles 😛 .

Bagi kita, Linus Torvalds itu seperti papah kita. Tagline para pengguna Linux:

“In linus we trust”.

6. Ga Takut Virus

virus_trueit

Bagi pengguna Linux, virus itu seakan jadi mitos kacangan yang cuma dialamin pengguna Windows. Dengan menggunakan Linux hati mereka selalu tentram dari ancaman.

Virus yang bikin lemot komputer sudah jadi memori masa lalu yang akan dikenang sebagai lelucon. Jadi kalau lihat pengguna Windows kena virus, mereka biasa nyeletuk :

“Ga pake linux sih loe pada, apa gue bilang….”

7. Jarang Main Game

kontroler_xbox

Oke, gue ngerti kalau Linux itu juga punya game, tapi loe-loe pada kudu ngakui, kalau game di Linux kagak sekeren di Windows sob.

Biar juga ada Wine, kagak semua game kompatibel yang akhirnya membuat kita-kita pengguna Linux jarang main game bagus.

Jadi kita para pengguna Linux kalau lihat di Steam ada game keren, pas di cek kagak support Linux, ya bisanya cuma ngiler doang huehehehe.

8. Kecanduan

mrrobot

Yang terakhir ini lu kaga salah liat, iya, kecanduan. Kita para pengguna Linux udah kecanduan yang namanya Linux. Dari tidur sampai bangun, yang diotaknya linux mulu.

Linux itu kayak sambel sob, pedes tapi nagih. Jadi kita mumet pake Linux tapi di lain sisi ketagihan untuk menjelajah tiap inci tubuh si Linux yang nikmat ini, ah ikeh~ 😆 .

Akhir Kata

Ati-ati yang punya pacar atau pasangan pengguna Linux, mereka dikenal mahluk nocturnal yang tergile-gile di depan komputer.

Jadi bersiaplah kalian para wanita merasakan yang namanya jablay alias “jarang dibelai” sama papah-papah pecandu linux huehehehe 😆 .

Itulah beberapa pengalaman gue selama memakai linux beberapa tahun terakhir, loe-loe gimana ? ada pengalamain lain kaga sob?

Bagikan di komentar yuks~

komentar

komentar