5 Kebijakan Kontroversi Pemerintahan Jokowi

oleh

Sebelum kalian membaca artikel ini, buang jauh-jauh dulu rasa dengki dan benci kalian. Suer. Dunia ini ga akan damai kalau masih ada rasa benci di hati kalian, ceileh šŸ˜† .

Kali ini kita menyorot kebijakan pemerintahan bapak Jokowi yang menimbulkan pro-kontra di masyarakat luas. Kebijakan ini tentunya punya berbagai dampak baik itu positif maupun negatif.

Apa saja kebijakan kontroveri pemerintahan Jokowi ? Mari kita simak, cekidot.

1. Menaikkan Harga BBM

sumber: jokowinomics

sumber: jokowinomics

Nah kebijakan ini menjadi salah satu topik panas yang ada di masyarakat kita tahun lalu setelah beberapa saat pak Jokowi dilantik menjadi presiden.

Di satu sisi kebijakan ini lumayan melegakan anggaran APBN atas subsidi BBM yang membengkak, di satu sisi juga menimbulkan gejolak karena harga-harga terkerek naik.

2. TenggelamkanĀ Kapal

sumber: dok puspen tni

sumber: dok puspen tni

Selain itu ada kebijakan lain yang juga cukup heboh dimasanya, yaitu kebijakan penenggelaman kapal asing yang masuk tanpa ijin.

Ada yang berpendapat ini cuma pencitraan ada juga yang berpendapat ini bagus untuk memberikan peringatan kepada negara asing bahwa Indonesia berdaulat.

3. PNS Dilarang Rapat di Hotel

hotel_

Kebijakan ini mendapat kontroversi dan membelahĀ dua pihak, satu ditentang pihak hotel satunya lagi didukung oleh masyarakat umum.

Masyarakat senang karena kebijakan ini menghemat anggaran negara, namun disisi lain diprotes pihak hotel karena hal ini menurunkan pendapatan mereka yang otomatis berimbas kepada phk karyawan.

4. Melantik Jaksa Agung dari Politikus

sumber: Aktual.com

sumber: Aktual.com

Kalau yang ini kaga ngerti gue kenapa pak jokowi melantik jaksa agung dari seorang politikus dari partai NasDem yaitu H.M Prasetyo.

Namun hal ini cukup beralasanĀ karena masyarakat sendiri sudah terlanjur alergi sama yang namanya politikus apapun itu bentuknya. Lagipula menurut ICW masih belum jelas prestasi H.M Prasetyo.

5. Kabinet yang Tidak Ramping

kabinet_kerja

Kabinet ramping merupakan salah satu janji kampanye yang digembor-gemborkan oleh bapak Jokowi sebelum-sebelumnya.

Namun melhat realitas yang ada, sepertinya kabinet ramping ini hanya tinggal kenangan dan penuh dengan unsur politis di dalamnya.

Namun yang patut dicatat, ada beberapa pos kementrian yang memang pas dan cocok diisi oleh orang-orang professional yang menurut gue cukup bagus.

Akhir Kata

Itulah beberapa kebijakan kontroversi pemerintahan jokowi yang cukup menarik untuk dibahas dan kita diskusikan.

Kita harus melihat setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dari dua sisi, jangan hanya buruknya saja. Seperti kata pak Ridwan Kamil :

Mari perlahan menyalakan lilin, daripada mengutuki kegelapan

Jadi, lebih baik kita memikirkan solusi untuk bangsa dan negara kita daripada sibuk mengutuki pemerintahan sekarang. Bersama kita bisa.

Tuliskan komentarmu dibawah yuk.

komentar

komentar