12 Cara Menghemat Uang

oleh

duit uang rupiah

Hai pembaca setia ciepo semua, kembali lagi bersama saya, mario tegar yang membuat hidup anda menjadi lebih tegar! salam edan!

Buat yang kantoran kalian juga pasti pengen yang namanya menghemat gaji bulanan kalian biar ga cepet abis, itu yang di pojokan sana jangan senyum-senyum oi! ūüėÜ .

Nah berhubung saya lagi baik, saya akan kasih tips hemat dan cara menghemat uang yang baik dan benar, simpel kok sebenernya. Cekidot.

1. Hidup Sehat

yoga_tenang_sehat

Banyak orang yang terlalu kompleks dan ribet gimana caranya hemat sambil cari-cari di google nyari “bagaimana caranya hemat“. Gue cuma bisa ngakak wkawkwak.

Iya ngakak, soalnya salah satu poin yang terlewat itu kamu kudu hidup sehat. Percuma kamu makan dikit kalau bikin sakit yang ada tambah beli obat beroo.

2. Nebeng Orang

motor_nebeng_temen

Lu tau ndiri kan bbm sekarang mahalnya gimana ? apalagi kalau kamu pegawe kantoran yang belum ada motor, itu naik angkutan juga lumayan nguras dompet pulak.

Kenapa kagak janjian sama temenmu buat berangkat kantor bareng, ntar kalian bisa patungan dah buat bensinnya atau terserah modelnya gimana. Kalau om mario sih gratis, soalnya gw getok temen gw kalau berani narik ongkos ke gw wkawkwa.

Atau yang paling simpel kamu bisa pake sepeda, selain hemat ga pake ongkos, juga sehat, kombo yang mantap!

3. Beli Barang Bekas Aja

hape_samsung

Siapa bilang barang bekas itu jelek ? banyak kok di situs-situs macam olx atau fjb kaskus barang-barang bekas yang masih bagus.

Apalagi kalau selisih harganya hampir 40% kan lumayan itu, duit lainnya bisa kamu pake buat apa kek. Lagipula secara fungsionalitas sama aja.

4. Makan Dirumah

meja_makan

Salah satu pahlawan tanpa tanda jasa itu adalah para emak-emak rumah tangga yang bikin dapur tetep ngebul.

Bayangin aja, dengan gaji yang cuma seiprit gitu, gimana bisa caranya ngasih makan keluarga yang banyak gitu, itulah keuntungan makan dirumah.

Kalau masak sendiri tentunya lebih murah dibanding kamu beli di warung sebelah, itu satu balok tempe yang murah masih bisa kok dibuat makan keluarga seminggu.

5. Cari Wi-Fi

mainan_tablet

Kalau buat lu yang doyan hobi internet, mending kurang-kurangi deh itu. Apalagi paket data juga kaga murah.

Kalau hobi lu ini kaga bisa ditawar-tawar, mending cari wi-fi gratisan aja atau bisa juga nebeng temen minta tethering wakakaka *pengalaman gw.

6. Jual Barang yang Gak Kepake

sepeda_bekas

Di pojokan rumah lu ada sepeda yang udah nganggur ampir setaon dan jarang banget lu pake sama sekali. Saran gw, mending jual aja tu barang. Serius.

Nilai sepeda tiap tahun pasti turun kan ya dan itu duit harusnya bisa lu buat investasi atau belikan emas kek, yang nilainya bisa naik ngikutin inflasi.

7. Jangan Napsu Dulu

minum_air_kotor

Ini berlaku kalau lu pas belanja entah di mall pojokan gang, indomencret atau dimanapun itu, pokoknya selalu inget kata om mario, jangan napsu dulu!

Sebelum lu beli, lu kudu mikir, ini barang bisa hasilin duit buat gue apa kaga ? bener-bener butuh kaga ? atau cuma buat hepi-hepi aja ? Stop!

Kaga usah neko-neko dah mending mulai dari sekarang, masih banyak kebutuhan yang lebih penting misalnya aje ni kesehatan atau tabungan buat beli rumah.

Orang yang kurang mampu aja masih bisa hidup berkecukupan, lah elu yang idupnya lebih baik masa serba kekurangan ? itu yang namanya napsu manusia kaga ada abisnye, hehe.

8. Bikin Batesan

malu

Batesan ini itu kaga cuma buat pacar lu doang sob, tapi bisa juga buat pengeluaran kita sehari-hari, lu penasaran kan ?

Ini yang sering om mario lakuin sehari-hari. Misalnya aja nih, om mario dari awal udah nentuin bates sehari om mario ngeluarin duit itu, cuma 10 ribu. Iya cuma ceban sob.

Jadi lu bisa minimalisir belanja gak penting macam beli cilok atau batagor demi hawa nafsu makan lu. Dengan begini duit lu ga bocor kayak ember rusak punya nenek lu.

9. Tidur Kaga Usah Nyalain Lampu

lampu_tidur_kasur

Nah ini om mario yang agak greget, bocah-bocah kontrakan laknat temen om mario yang takut kegelapan biasanya yang suka bikin boros lampu listrik.

Sebelum tidur kalau lu tidurnya misal dari jam 10, lu cuma idupin lampu dari jam 6 sore – 10 malem, 4 jam doang! kagak pake lama and lebih hemat.

Bayangin aja berapa puluh ribu rupiah sebulan yang bisa lu hemat dari listriknya doang, belum kalau lu kaga nonton tipi bisa lebih hemat! (lagian ga bermutu pula tipi jaman sekarang).

10. Hiburan Gratis

rame_jalan_mobil

Ga usah lah sok-sokan nonton bioskop kalau duit lu cuma sisa 50 ribu di dompet. Itu masih bisa dipake buat hal yang lebih penting.

Masih banyak hiburan gratis yang bisa lu dapetin macam nontonin sambil dadah-dadah ke mobil yang lewat di jalan raya, atau lu juga bisa jalan-jalan santai kan hiburan juga tuh.

11. Cari Tambahan Duit

anter_barang

Terlalu fokus hemat juga bikin mumet bero, terlalu banyak analisa ini itu, cara ini itu, bikin stres. Trus kenapa kaga coba cari tambahan duit aje ?

Contohnya apa om? ya banyak, bisa aja dari hobby-mu itu dijadikan tambahan duit, misal lu suka berantem, coba aja daftar ke bank jadi tukang pukul *eh ūüėÜ .

12.  Niat

dasi_kupu_kupu_semangat

Terakhir, cuma ini yang bisa om mario saranin sama pembaca ciepo semua. Bayangin om mario udah ngoceh diatas, tapi lu-lu pade kaga niat ya percuma lah sampai mulut berbusa kaga mempan.

Seperti kata pepatah China kuno, “perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah“, coba deh lu jalanin satu-satu, ntar lama-lama berasa manfaatnya.

Akhir Kata

Oke sampai di penghujung artikel, om mario pingin ngomong ke lu lu pade. Sebenernya pendapatan atau duit lu itu cukup buat sehari-hari. Yang ga cukup itu buat gaya hidup atau gengsi lu pade.

Jadi stop mengeluh duit kurang tapi mulai jalani gaya hidup hemat, Oke! Sekian beberapa cara menghemat uang dari om mario. Dadah muah!

Salam Edan!

komentar

komentar