4 Mitos Investasi Saham yang Harus Kamu Tahu

oleh

www.thewiseliving.com

Hai sahabat ciepo, pernah dengan kata ‘saham’ kan? pernah kepikiran untuk investasi saham belum? oh mungkin takut? Banyak lho yang salah mengartikan tentang anggapan tentang ‘saham’ atau itu semua cuman mitos.

Biar kita ga salah arah, kamu harus tau apa aja mitos investasi saham yang beredar di masyarakat, seperti dibawah ini.

1. Untuk Orang Kaya Saja

via learning.blogs.nytimes.com

via learning.blogs.nytimes.com

Hampir semua orang beranggapan bahwa investasi di pasar modal itu butuh modal yang besar dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah punya gaji puluhan juta.

Padahal itu salah ! Faktanya jika ingin investasi kamu bisa memulai hanya dengan 100.000 aja loh. Sekarang ini banyak sekuritas sekuritas yang menawarkan pembukaan account saham hanya dengan modal minim.

Udah bukan alasan lagi kan gak punya modal untuk belajar investasi saham. Sisihkan saja uang pemasukan sedikit demi sedikit tiap bulan pasti gak bakal berat kok.

2. Resiko Bangkrut Sangat Besar

Via bicarasales.com

Via bicarasales.com

Dalam berinvestasi kita mengenal istilah High Risk High Return. Jadi jika kita ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi pasti diikuti juga dengan resiko yang besar pula.

Saat berinvestasi saham tidak bisa lepas dari resiko kehilangan uang yang kita investasikan atau yang sering disebut capital loss.

Tapi untuk meminimalisir resiko tersebut sebelum berinvestasi lebih baik belajar terlebih dahulu mengenai Analisis Teknikal dan Analisis Fundamental.

Jika udah paham saham itu gak separah yang dibayangkan kok yang penting harus memilih perusahaan yang berprospek sehat dan cerah gak akan ada lagi cerita bangkrut apalagi sampai jual rumah dan mobil segala.

3. Harus Lihat Pergerakan Harga Saham 24 jam

via excelcool.com

via excelcool.com

“Udah investasi saham? Wah kamu tiap detik harus melihat pergerakan harga saham dong”

Bingung juga sama orang-orang yang mengira kalau investasi saham harus stand by didepan laptop sepanjang hari.

Padahal jam buka transaksi saham itu dari jam 09.00 sampai 16.00 aja loh gak sampai 24 jam seperti yang dibayangkan.

Walaupun dari pagi sampai sore kita juga gak perlu mengamati pergerakan harga saham kok. Naik turun nya harga saham itu adalah hal yang wajar jadi gak akan pasti naik terus atau turun terus.

Jika analisis yang kita lakukan tepat maka jangan khawatir jika harga naik turun tiap detik

4. Cepat Kaya

via nyulocal.com

via nyulocal.com

“Eh kemarin temanku gara gara investasi saham dalam beberapa hari udah bisa beli mobil baru loh”

Saham merupakan salah satu alternatif investasi jangka panjang. Faktanya banyak yang ingin cepat kaya dengan melakukan trading saham asal-asalan.

Biasanya yang dimainkan adalah saham-saham lapis ke 3 yang rentan digoreng yang artinya harga saham digerakkan oleh bandar.

Nah gara-gara pergerakan harga yang gak wajar dan cepat naik dan cepat turun banyak para spekulan yang memanfaatkan untuk mengambil keuntungan.

Padahal saham bukan untuk spekulasi melainkan membeli “bukti kepemilikan perusahaan”. Saham juga tidak menjanjikan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat. Malah sekelas warren buffett pun butuh berpuluh tahun lamanya sampai modal nya bertambah banyak hingga saat ini.

Mitos ini disadur dengan beberapa perubahan dari situs diestraperdana.com.

komentar

komentar