12 Manfaat Bangun Pagi

oleh

Selamat pagi para pembaca Ciepo. Bagaimana harimu ? Luar biasa. Seperti janji om Mario kemarin, kali ini om Mario akan mengulas beberapa manfaat bangun pagi.

Banyak orang lebih memilih begadang sampai pagi, dibanding tidur cepat dan bangun pagi. padahal banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan bangun pagi.

Berikut beberapa manfaat bangun pagi yang om Mario rasakan dari kecil Simak berikut ini.

1. Lebih Proaktif

cleaning_service_kerja

Ahli Biologi dari Harvard, Christorph Randler menemukan bahwa orang yang suka bangun pagi ternyata lebih proaktif dibanding kebanyakan orang.

Mereka lebih suka terlibat lebih aktif dengan segala sesuatu yang mampu memberikan perubahan positif di diri mereka.

2. Memperoleh Nilai yang Lebih Baik

cewek_pagi_kopi_salju

Dari studi di Universitas Texas pada tahun 2008, mahasiswa-mahasiswa yang sering bangun pagi ternyata mampu memperoleh nilai yang lebih baik dibandingkan yang suka tidur larut.

Ternyata hal ini berpengaruh pada saat menerima ilmu di kelas, dimana yang suka begadang kurang bisa memaksimalkan transfer ilmu karena letih atau ngantuk.

3. Perencana yang Handal

italia_pagi_cerah

Beberapa laporan, banyak orang yang suka bangun pagi menggunakan waktunya sunyi di pagi hari untuk mengorganisasikan rencana-rencana mereka.

Selain itu mereka juga membuat tujuan untuk hari ini dan rencana seharian ini mau ngapain aja sebelum hari dimulai.

4. Mampu Mengatasi Masalah

pagi_salju

Menurut penelitian dari Randler, menampilkan bahwa orang-orang yang suka bangun pagi kayak Om Mario ini cenderung lebih mudah mengatasi masalah (serius).

Mungkin karena faktor tenangnya pagi membuat pikiran lebih jernih untuk berpikir. Hal ini tentu sangat penting untuk beberapa orang agar bisnis mereka makin sukses.

5. Olahraga

tepi_sungai

Banyak pebisnis sukses yang bangun pagi untuk berolahraga. Mereka berolahraga sebelum keluaurga mereka bangun dan kerjaan dimulai.

Olahraga yang rutin dapat membangun kualitas mood, kebugaran tubuh, dan memberikan energi ekstra untuk tubuhmu menjalani hari.

6. Kualitas Istirahat

sydney_pagi

Seorang pakar tidur berkata kalau anda tidur cepat dan bangun pagi, tubuh anda akan lebih seirama dengan irama circadia yang ada pada Bumi.

Tentunya hal ini sangat bagus karena anda akan memperoleh kualitas istirahat yang baik untuk memulai hari dengan tubuh yang segar.

7. Lebih Optimis

pagi_segar

Beberapa studi menjelaskan bahwa orang yang suka bangun pagi berbagi karakter yang sama yaitu seperti optimis, lebih menyenangkan, dan memiliki kesadaran tinggi.

Sebaliknya, para kalong malam (yang katanya lebih tinggi kreatifnya dan kecerdasannya) lebih mudah untuk depresi dan pesimis.

8. Berangkat Kerja Lebih Santai

berangkat_kerja_kantor_sepeda

Siapa yang ga pengen berangkat kerja lebih santai ? Bangun di pagi hari membuat kamu bisa berangkat lebih rileks karena jalanan atau kereta yang masih sepi.

Kamu ga harus hadapi macet yang bikin stres, apalagi kalau tinggal di Jakarta, om Mario ga bisa bayangin deh, wkwk.

9. Suasana yang Tenang

kebun_pagi_cerah

Banyak para kalong yang mengincar suasana tenang, padahal kalau dilihat lagi, bangun pagi kamu juga bakal mendapatkan yang namanya suasana tenang.

Suasana tenang ini membantu kamu untuk lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Contohnya om Mario menulis artikel ini dari jam 5 pagi disela-sela kesibukan om Mario.

10. Meningkatkan Produktivitas

nelayan_ikan_kerja

Dengan bangun pagi, anda bakal memperoleh benefit-benefit yang sudah om Mario sebutkan diatas. Untuk pekerja seperti om Mario, tentunya efeknya bagus.

Produktivitas meningkat, hasil kerja juga semakin bagus, bos makin senang, gaji jadi makin meningkat. Maunya sih gitu hehehe.

11. Waktu Lebih untuk Keluarga

mulai_kerja_bangunan

Yang biasanya anda terburu-buru berangkat ke kantor, anda bisa bersantai dulu di rumah menikmati waktu dengan keluarga yang anda cintai.

Bisa aja sambil ngobrol-ngobrol sama istri atau anak yang akan berangkat sekolah sambil memandangi mereka yang kalian sayangi. Ihir~

12. Waktu untuk Sarapan

sarapan_sehat

Selain itu ada manfaat bangun pagi yang om Mario sukai. Bisa sarapan. Om Mario itu orangnya bakalan lemes siangnya kalau belum sarapan.

Sarapan itu juga membantu anda untuk mendapatkan energi sebelum memulai hari. Selain itu juga menekan hawa nafsu makan di siang hari yang gila-gilaan. Efeknya ? Perut lebih ramping hehe.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat bangun pagi yang bisa om Mario bagikan untuk pembaca Ciepo di pagi hari yang cerah ini.

Mungkin pembaca ciepo ingin berbagi kisahnya tentang bangun pagi ? Atau ada uneg-uneg lain ? Silahkan tulis di komentar ya!

komentar

komentar