10 Persamaan yang Telah Mengubah Dunia

Kali ini kita bahas yang agak serius dikit. Jadi di dunia ini udah jutaan persamaan yang diciptakan untuk menyelesaikan masalah.

Jadi kalau kamu disekolah yang cuma ngerti rumus persamaan tanpa tau buat apa, selamat! ntar kamu pasti bakal lupa kayak mimin wkawkawk.

Sekarang mimin kasih tau 10 rumus atau 10 persamaan yang telah mengubah dunia. Cekidot.

1. Persamaan Gelombang

gelombang_suara

Apa arti persamaan ini ? sebuah persamaan diferensial yang menjelaskan perilaku dari gelombang, yang pada awalnya perilaku getaran pada senar biola.

Nah di era modern ini, persamaan ini sangat membantu perusahaan minyak untuk memasang peledak yang kemudian dibaca gelombang suaranya untuk memprediksi formasi geologinya.

2. Transformasi Fourier

fourier

Adanya persamaan ini mampu menjelaskan pola dalam waktu sebagai fungsi dari frekuensi yang ditemukan oleh Joseph Fourier.

Persamaan ini digunakan pada kompresi format gambar JPEG dan juga menemukan struktur dari molekul.

3. Teorema Dasar Kalkulus

kalkulus

Oke, mungkin kalian yang udah pernah ketemu kalkulus keder duluan. Jangan keder sob (padahal mimin juga keder).

Kalkulus ini banyak digunakan dalam matematika modern yang diaplikasikan ke berbagai bidang baik itu obat-obatan, ekonomi sampai teknologi.

4. Rumus Euler untuk Polihedra

euler

Dengan adanya persamaan ini kita dapat mendeskripsikan bentuk ruang atau struktur tanpa melihat alignmentnya.

Persamaan ini menjadi fundamental dari perkembangan topografi yang selanjutnya untuk memahami perilaku dan fungsi dari DNA.

5. Persamaan Maxwell

maxwell

Dari persamaan ini kita dapat memetakan hubungan antara listrik dan medan magnet yang ditranslasi oleh James Clerk Maxwell dari percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Michael Faraday.

Dengan adanya ini kita dapat memahami gelombang elektromagnetik yang nantinya jadi pilar dalam pembuatan radar, televisi dan komunikasi modern.

6. Hukum Kedua Termodinamika

termodinamika

Termodinamika ini mimin kenal waktu masih kelas 2 SMA pas jamannya pelajaran fisika dulu kala.

Jadi dari persamaan ini diketahui bahwa energi dan panas itu menghilang seiring berjalannya waktu. Dengan adanya ini, kita jadi mengerti energi dan alam semesta dari konsep entropi.

Adanya teori ini juga membuktikan bahwa materi itu terbuat dari atom yang sangat berguna dalam penelitian selanjutnya.

7. Hukum Gravitasi Newton

newton

Dengan adanya persamaan ini kita dapat menghitung gaya gravitasi antar dua benda. Dan teori ini sangat membantu sekali sebagai dasar untuk persamaan-persamaan fisika lainnya.

Persamaan ini juga membantu pada saat merancang orbit satelit yang nantinya bisa dipakai macem-macem kayak mata-mata sampai observasi cuaca.

8. Asal Mula Bilangan yang Kompleks

imajiner

Kita menyebutnya bilangan imajiner, karena bilangan ini kagak nyata (apaseh). Salah satu persamaan yang terkenal diantara engineer dan pecinta matematika.

Teknologi modern mulai dari cahaya listrik sampai kamera digital ga bakalan ada kalau ga ada persamaan ini, cius sob.

9. Teori Relativitas Einstein

relativitas

Energi sama dengan massa kali kecepatan cahaya kuadrat. Persamaan ini termasuk salah satu persamaan terkenal di dunia fisika.

Teori ini salah satu teori yang membantu dibuatnya senjata nuklir dan membuat kita lebih memahami ruang dan waktu itu relatif.

10. Teorema Pitagoras

pitagoras

Persamaan ini menerangkan bahwa kuadrat dari sisi miring segitiga sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya.

Persamaan ini jadi inti atau dasar dari banyak geometri dan jadi pondasi trigonometri. Tanpa persamaan ini, survey, pembuatan peta sampai navigasi itu imposibru banget.

Akhir Kata

Referensi persamaan-persamaan ini disadur dari referensi buku karya Ian Stewart “In Pursuit of the Unknown: 17 Equations That Changed the World“.

Ada yang mau nambahin ? Monggo tulis di komentar..

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~