7 Tokoh Hacker Indonesia Terkenal

Hacker itu makanan apa ? Hacker bukan makanan nak, tapi sebuah julukan atau title yang tidak bisa kita sandang dengan serta merta. Komunitaslah yang mampu memberikan julukan ini, Wasek.

Sebenernya banyak tokoh hacker yang sangar-sangar di Indonesia ini, tapi mimin mau kasih tau beberapa aja yang terkenal di Indonesia ini.

Siapa aja tokoh hacker Indonesia terkenal yang punya nama di dalam maupun luar negeri ? Cekidot.

1. Susanto – Sto

susanto

Salah seorang penulis buku yang namanya cukup terkenal sebagai pendiri dari komunitas hacker di Indonesia yaitu Jasakom!

Beliau salah seorang yang humble yang turut memajukan bangsa ini dengan kontribusinya menuliskan buku maupun berbagi ilmu yang di bagikan di situsnya.

2. I Made Wiryana

made

Pak Made ini juga ternyata juga seorang hacker penggiat linux dan open source di Indonesia. Dosen Gunadharma ini sudah cukup lama melintang di dunia ini.

Beberapa tahun yang lalu (belum tau sekarang masih atau kagak), cyber paspampres yang mengelola teknis dan desain situs kepresidenan. Selain itu juga beliau aktif menulis baik di majalah maupun buku.

3. Dani Firmansyah

dani_firmansyah

Beliau ini sempet menjadi perbincangan hangat di masyarakat umum karena membobol sistem tabulasi KPU pada pemilu tahun 2004.

Namun Om Dani ini sedikit beruntung karena pada saat itu UU ITE masih belum ada, jadi hukumannya masih belum seberat sekarang.

4. Onno W. Purbo

onno

Bagi orang yang berkecimpung di dunia IT, patut dipertanyakan kalau kagak kenal sama beliau ini. Beliau merupakan pakar dan tokoh teknologi informasi di Indonesia.

Bisa dibilang, beliau salah satu aktivis linux dan open source yang menonjol. Banyak tulisan dan karya yang telah dibuat oleh beliau, sebagai contohnya wajanbolic sampai RT/RW Net.

5. Jim Geovedi

jim

Kalau tokoh ini terkenal karena kemampuannya di bidang keamanan komputer, khususnya dalam bidang celah keamanan telekomunikasi dan sistem satelit.

Semua kemampuannya itu didapatkan tanpa pendidikan formal, yang membuat mimin tercengang. Bayangin aja sob, dia bisa nge-hack Satelit, kurang edan apalagi.

6. Aat Shadewa

aat_

Bagi para dedengkot-dedenkot yang suka main-main ke forum underground, pasti pernah tau yang namanya situs virologi. Situs ini berisi tentang pengembangan virus, tips hacking dll.

Tapi tak buka-buka situsnya ga bisa diakses lagi, entah kenapa wkwk, itu pelopornya ya ini om Aat Shadewa, selain itu beliau juga suka nulis buku tentang hacking dan sebangsanya.

7. Adi Nugroho & Kurniawan

xcode

Selain virologi, ada juga komunitas yang namanya xcode atau yogyafree. Jaman dulu kala komunitas ini pernah bergesekan dengan kaskus (oknum) yang membuat database kaskus corrupt.

Yogyafree dari jaman mimin SMP udah dikenal sebagai komunitas hacking terkenal di kalangan pecinta IT bawah tanah. Sampai sekarang ternyata masih eksis lho.

Kalian tau siapa founder dan pendiri komunitas tersebut, dialah om Adi Nugroho dan abang Kurniawan. Wuih, ga kebayang kan pengalamannya.

Akhir Kata

Itulah beberapa tokoh hacker indonesia terkenal yang memiliki sedikit banyak sumbangsih untuk komunitas teknologi di Indonesia.

Betewe, yang mana ni  tokoh hacker Indonesia ini yang jadi favoritmu? Tuliskan komentarmu yok!

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~