4 Langkah Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air

Chating di smartphone atau selfie di pantai pasti menyenangkan kan guys. Apalagi ditemenin orang terdekat seperti kekasih atau sahabat saat melakukannya.

Saat lagi seru-serunya gitu, tiba-tiba smartphone yang kalian pegang jatuh ke dalam air atau paling ngga ketumpahan terkena air. Pasti bikin bete dan bad mood seharian kan?

Pliss, jangan panik saat mengalami hal seperti ini. HP kalian masih bisa diselamatkan, dengan beberapa cara memperbaiki hp yang terkena air berikut.

1. Jangan dihidupkan dulu

foto 1

Sebagian orang yang panik karena smartphone-nya masuk air pasti langsung di turn on. Padahal langkah itu salah besar guys.

Saat smartphone dalam kondisi basah dan langsung diidupin yang terjadi malah arus pendek di dalam rangkaiannya loh. Maka dari itu, segeralah ambil smartphone dan cepat lap dengan kain kering.

2. Pisahkan Komponennya

Foto 2

Langkah kedua yang musti diambil adalah keluarkan semua bagian smartphone kalian seperti baterai, kartu memori, dan kartu sim.

Setelah itu keringkan dengan kain atau lap pengering yang sering digunakan di sepeda motor itu guys.

3. Keringkan

cewek_hair_dryer

Sebagian besar orang beranggapan kalau sudah terlihat kering diluar, smartphone yang habis masuk kedalam air langsung bisa digunakan.

Itu salah guys, air memiliki sifat mengisi seluruh ruangan yang kosong. Untuk menghilangkannya gunakan Vacum Cleaner dan keringkan seluruh bagian smartphone tanpa harus membongkar seluruh rakitannya.

Jangan gunakan Hair Dryer guys, karena hair dryer bersifat panas dan bikin air menguap sehingga layar smartphone bakalan tertutupi uap nantinya

4. Pakai Beras

beras_plastik

Entah ini mitos darimana, tapi patut dicoba. Seperti yang kalian tau guys, beras sangat peka terhadap air sampai bentuknya berubah menjadi nasi.

Nah, setelah melewati 3 langkah diatas masukan smartphone tadi kedalam kantung yang berisikan beras lalu ikat dengan rapat.

Tunggu selama kurang lebih 3-4 hari lalu nyalakan smartphone. Voila, smartphone kalian bakal kembali seperti semula.

Akhir Kata

Itulah cara tepat saat smartphone kalian masuk kedalam air guys. Yang paling penting adalah jangan panik guys, karena panik gak akan menyelesaikan apa-apa.

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~