6 Cara Menghilangkan Rasa Takut

Barusan oom Mario ditanyain temen, kenapa sih pembawaan om Mario itu selalu santai dan jarang gelisah. Bagaimana cara menghilangkan rasa takut ? tanya dia kepada om Mario.

Sebenernya pertanyaan ini sulit-sulit gampang karena tergantung kebiasaan seseorang apakah sudah terbiasa berhadapan dengan rasa takut itu atau justru selalu menghindarinya?

Kali ini om Mario akan berbagi sedikit tips dan trik bagaimana cara menghilangkan rasa takut yang om Mario lakukan selama ini. Check this out.

1. Berdoa

orang_tua_berdoa

Sebenarnya rasa takut itu bermacam-macam, mulai takut hantu, takut diputus pacar, takut kecoak, dan lain-lain. Pernah mencoba berdoa ?

Dengan berdoa kamu bisa merasakan seperti ada kekuatan positif yang melindungi dirimu. Ada perasaan tenang yang lepas. Daripada kamu curhat sama temen, coba deh berdoa.

2. Dengarkan Lagu

cewek_denger_musik

Coba dengarkan lagu favoritmu untuk menghadapi rasa takutmu itu. Kamu akan asyik mendengarkan dan melupakan rasa takut yang dari tadi menghantuimu.

Selain itu kamu jadi tidak begitu memikirkan rasa takut yang akan kamu hadapi karena kamu lupa dan bahkan akhirnya rasa takutmu itu hanya menjadi mitos belaka.

3. Atur Nafas

siluet_cewek

Dengan melakukan pengaturan nafas kamu dapat mengendalikan detak jantungmu agar lebih rileks dan tidak panik. Karena panik itu membuat kamu tidak dapat berpikir jernih.

Setelah mencoba mengatur nafas kamu pikirkan alasan rasional kenapa harus menakuti hal itu ? Toh masih banyak yang lebih serem, cobain deh om jamin pasti manjur kok.

4. Kontrol Imajinasimu

cewek_seksi

Sebagai pemilik otak, seharusnya kamu bisa mengendalikan imajinasi liarmu. Coba pikirkan hal-hal lain yang lebih menyenangkan. Contohnya gimana om? Buanyak kok.

Misal kamu takut ada hantu dipojokan sana, coba kamu kontrol imajinasi hantunya jadi secakep julie estelle dan seksi pasti kamu ga jadi takut yang ada malah mupeng hahaha, bener ga ?

5. Buat Persiapan

gambar_rancang_rencana

Persiapkan sesuatu untuk menanggulangi ketakutan yang kamu hadapi. Buat beberapa langkah kedepan yang akan kamu lakukan ketika berhadapan dengan rasa takut itu.

Misal ketika takut akan kecoak, kamu sudah mempersiapkan batu buat ngelempar itu kecoak kalau nongol. Sukur-sukur itu kecoak cuma benjol kepalanya hehe.

Atau mungkin saat meeting di depan bos, pastikan materi-materi sudah kamu siapkan jauh-jauh hari dan kamu mengenali serta menguasai medan materinya.

6. Latihan Hadapi Setiap Hari

sunset_orang-orang_sekitar

Kamu takut kecoak ? Mulai dari sekarang setiap hari latihan untuk memegangi kecoak. Kamu harus latihan menghadapi ketakutan agar ketakutan itu sedikit demi sedikit menghilang.

Mulai dari pegang menggunakan sarung tangan, kemudian besoknya pegang dengan tissu, lama-lama kamu akhirnya berani memegangnya. Voila!

Kembali lagi kepada pepatah, orang bisa karena terbiasa. Pak tukang sampah ga jijik sama sampah karena sudah terbiasa. Pak tukang sedot tinja ga jijik sama tinja juga karena terbiasa.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips dan trik dari om Mario tentang bagaimana cara menghilangkan rasa takut. Cara-cara ini berhasil om Mario praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terkadang rasa takut itu mudah untuk kita kalahkan tergantung kemauan kita, apakah kita mau menghadapi rasa takut itu atau malah kabur darinya? Bagaimana? Sudah siap untuk menghilangkan rasa takutmu ? Tetap positif!

Salam Edan!

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~