13 Khasiat dan Manfaat Buah Pisang

Buah pisang itu bisa dibilang buahnya sejuta umat. Mulai dari bayi sampai kakek-kakek juga doyan sama ni buah.

Buah ini banyak tumbuh di lingkungan tropis seperti Indonesia ini dan kata beberapa orang sih tempat tinggalnya pocong (masa sih?).

Tapi kamu tau ga apa aja khasiat dan manfaat buah pisang itu? Penasaran ? Mari kita simak bahasan berikut, Cekidot!

1. Melancarkan Pencernaan

pisang_kumpulan

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah pisang ini jadi pilihan sebagian orang untuk urusan melancarkan pencernaan tubuhnya.

Selain itu juga banyak ibu-ibu yang memilih buah pisang untuk buah hatinya karena buah ini sendiri lebih mudah dicerna khususnya untuk para bayi.

2. Sumber Energi

lari_sore

Beberapa potong pisang cukup membuat perutmu kenyang dan memberikanmu energi seharian untuk beraktivitas.

Bayangin aja monyet aja cuma makan pisang bisa selincah dan segesit itu, kebayang kan banyaknya energinya ? Apalagi kamu kalau makan segentong pisang.

3. Cemilan Sehat

pisang_sisir

Duit didompet nipis ? kaga bersisa ? tapi pengen jajan ? Kenapa kaga beli pisang aja. Selain murah dan mengenyangkan, buah ini salah satu cemilan yang sehat.

Komposisi pisang tentunya tidak seperti cemilan-cemilan di indomlarat yang banyak bahan pengawet ataupun pewarna jadi aman untuk konsumsi sehari-hari.

4. Kaya Nutrisi

tumpukan_pisang

Dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya membuat buah ini menjadi salah satu makanan kaya nutrisi yang banyak direkomendasikan oleh ahli gizi.

Kandungan gizi di pisang sendiri antara lain berupa vitamin B, potassium, magnesium, zat besi, serat, dll.

5. Membuat Lebih Pintar

laki-laki_berkacamata

Makan pisang juga membuatmu lebih pintar dan membantu kamu belajar dengan lebih fokus. Kenapa begitu ?

Sederhananya karena kandungan potassium yang tinggi di buah pisang ini membantu aktivitas di otakmu. Lihat aja itu simpanse atau monyet makan pisang aja bisa pintar, apalagi kamu.

6. Membantu Suasana Hati

cewek_cantik_kacamata

Cocok buat cewek-cewek yang suka uring-uringan waktu PMS atau kamu yang moodnya kagak enak, cobain deh makan sepotong pisang.

Kandungan tryptophan yang ada di buah pisang membantu meningkatkan kualitas mood kamu selain itu juga membantu menyembuhkan depresi.

7. Baik untuk Kulit

cewek_duduk

Siapa yang nyangka kalau buah pisang itu kaya akan kandungan antioksidannya. Antioksidan sendiri dapat melindungi dirimu dari radikal bebas.

Antioksidan juga baik untuk kulit dan tentunya sedikit memperlambat dirimu dari penuaan. Siapa yang ga pengen awet muda ?

8. Mencegah Kanker

pisang_banyak

Menurut riset terbaru dari Jepang, menghubungkan pisang yang mempunyai bercak hitam dengan produksi senyawa bernama TNF-a yang meningkatkan produksi sel darah putih.

Sel darah putih ini yang meningkatkan imunitas dan membantu memerangi sel kanker yang ada di tubuh kita.

9. Baik untuk Mata

kacamata_melorot

Kandungan vitamin yang kaya cukup membuat buah ini menjadi salah satu buah pilihan untuk kesehatan mata kita.

Buah pisang mempunyai sedikit kandungan vitamin A untuk memelihara kesehatan mata. Pisang berukuran 6 inci memiliki sekitar 10 mikrogram vitamin A.

10. Bagus untuk Darah

pisang_gantung

Adanya vitamin B6 dalam buah ini memilih salah satu kegunaan antara lain untuk hemoglobin dan pembentukan antibodi.

Kandungan zat besi yang ada di dalam buah pisang cukup membantu dalam pembentukan sel darah baru dan membantu memperkecil resiko anemia.

11. Baik untuk Tulang

tulang_tengkorak

Ternyata dengan konsumsi pisang ini tubuh dapat menyerap kandungan kalsium lebih baik. Ga percaya nih ?

Meski kandungan kalsiumnya ga banyak, tapi menurut artikel di sebuah jurnal, buah pisang mengandung fructooligosaccharides yang membantu penyerapan kalsium lho.

12. Melindungi dari Kram Otot

pisang_mudah_hijau

Konon senyawa Magnesium yang ada di buah pisang membantu otot untuk lebih rileks. Selain itu vitamin B6 juga digadang-gadang dapat membantu tidur nyenyak.

Jadi sebelum berolahraga panjang atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan kerja otot ekstra, ga ada salahnya ngemil dulu buah pisang.

13. Menyehatkan Jantung

dada_sakit_wisegeek sumber: wisegeek

Tinggi potassium dan rendah garam, buah pisang sudah resmi dinyatakan FDA sebagai buah yang mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari serangan jantung serta stroke.

Kekurangan potassium sendiri membuat irama detak jantung jadi tidak beraturan dan berpotensi mematikan, serem kaga tu ? hiii~

Bonus: Sebagai Teman Wanita yang Kesepian

cewek_pisang

Jangan berpikiran ngeres dulu yak. Sebagai temen wanita ini maksudnya bisa jadi temen curhat kala dia lagi galau atau lagi bete, gitu sob atau bisa juga buat cemilan dikala sepi ← ngeles kayak bajaj.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah pisang yang perlu kamu tahu sahabat Ciepo. Gimana ? Jadi pingin ngemil pisang ? Monggo lah.

Mungkin ada yang kurang ? Tulis aja di komentar!

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~