10 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya malas, mulai dari malas cuci piring, malas mandi sampai malas bangun pagi. Om Mario yang terkenal rajin gini aja kadang suka malas-malasan (toeng!).

Malas itu manusiawi, tapi yang tidak manusiawi kalau kita terus malas-malasan tanpa mau berusaha menghilangkan rasa ini. Betul tidak?

Kali ini om Mario akan memberikan beberapa cara menghilangkan rasa malas yang pasti mujarab. Mari langsung kita simak berikut.

1. Perhatikan Makanan

makanan_nasi

Terdengar sepele ? Mungkin. Faktanya bahwa makanan turut memberikan andil apakah seseorang itu malas atau tidak.

Orang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi gula akan lebih cepat letih dan capek dan membuat orang itu semakin malas.

Jadi jagalah pola makanmu penuh dengan serat dan kurangi makanan yang hanya berisi kalori tanpa gizi, oke guys!

2. Bangun Pagi

pagi_cerah

Orang yang mampu bangun pagi cenderung lebih bersemangat dalam menjalani hari, serius. Karena orang yang mampu bangun pagi akan merasakan energi positif di pagi hari.

Hawa segar dan ketenangan di pagi hari membuat tubuhmu dialiri energi baru dan membuatmu semangat beraktivitas.

Terus bagaimana caranya bangun pagi ? Om Mario akan tulis cara bangun pagi di artikel om selanjutnya, hehe.

3. Buat To-Do List

catatan

Orang yang sukses itu biasanya rajin dan aktif. Mereka penuh dengan berbagai rencana yang ingin dikerjakannya. Namun adakalanya otak manusia itu terbatas dan kita perlu sebuah media.

Sebuah catatan to-do list yang bisa ditempel di meja kerja mungkin sedikit membantu, dengan begitu anda seakan terbayang-bayang tanggungan yang harus segera kamu kerjakan. Trust me, it works!

4. Meditasi

yoga_tenang_sehat

Rasa malasmu mungkin saja karena faktor tubuhmu yang terlalu letih dan keseimbangan mental yang kurang bagus.

Coba lakukan meditasi ditempat yang tenang untuk menetralkan hawa negatif yang ada di tubuhmu. Rasakan sensasi ketenangan agar anda dapat memulai hari lebih aktif.

5. Ucapan Adalah Doa

sendirian

Anda suka menggerutu ? atau suka mengeluh ? Mulai kurangilah kebiasaan itu. Karena ucapan itu bagi sebagian orang adalah doa.

Coba ganti keluhanmu dengan semangat. Misal anda biasa mengeluh “aduh, harus kerja lagi” diganti jadi “waktunya kerja, yo semangat!“.

Sederhana tapi anda akan merasakan manfaatnya. Om Mario sudah melakukan hal ini beberapa tahun terakhir dan manfaatnya memang terasa.

6. Hargai Waktu

jam

Orang malas biasanya tidak pernah menghargai waktu dan sekarang untuk mengalahkan rasa itu, anda harus tanamkan rasa menghargai waktu. Gimana caranya om ?

Anda bayangkan aja, waktu kita di dunia pasti selalu berkurang, jangan biarkan rasa malas menggerogoti kuota waktumu di dunia!

Pakailah sebuah jam tangan untuk meningkatkan kesadaranmu akan waktu yang berharga. Ingat! waktumu di dunia cuma terbatas!

7. Jangan Kebanyakan Ngomong

lelaki_brewok

Kalau anda kebiasaan ngomong “aku harus cuci piring sekarang” atau “aku harus nulis bab 3 dulu“, mulai kurangi hal-hal kayak gitu. Daripada ngomong gitu, mending langsung anda garap tanpa berkata sepatahpun.

Tiap anda berkata seperti itu, ada beberapa detik waktumu terbuang percuma yang sebenarnya bisa anda pakai untuk mulai mengerjakan hal tersebut.

8. Kenali Orang Sekitar

sunset_orang-orang_sekitar

Melihat orang lain yang sukses membuat anda termotivasi dan terpacu untuk bekerja keras dan otomatis menghilangkan rasa malas itu sendiri.

Api semangatmu akan terbakar dan itu tentunya bagus untuk anda yang ingin sukses. Seperti kata pepatah lama, “kualitas dirimu ditentukan oleh kualitas orang disekitarmu“.

Jika teman disekitarmu itu orangnya malas-malas, lebih baik anda mulai menjauhi dan cari teman-teman yang aktif dan rajin, efeknya ? Kebiasaanmu akan berubah jadi positif.

9. Minum Kopi

cewek_minum_kopi

Malas itu pertanda bahwa metabolismemu lambat. Bagaimana cara meningkatkannya ? Cobain secangkir kopi sebelum memulai aktivitas.

Kafein yang terkandung di dalamnya menstimulus metabolisme yang ada di dalam tubuhmu. Dengan tubuh yang penuh energi, tentu lebih mudah menghilangkan rasa malas.

10. Pasang Poster

poster_klasik

Yang terakhir cukup manjur apalagi anda orangnya suka yang berbau visual dan harus diingatkan terus menerus. Cobalah pasang poster motivasi.

Misal anda ingin tubuh atletis, pasang saja poster gambar tubuh binaraga, agar anda selalu teringat untuk bisa pergi ke gym.

Akhir Kata

Sederhana ? Belum tentu. Cara-cara diatas tidak akan berhasil kalau niat untuk menghilangkan rasa malas belum ada di hati anda. Jadi sebelum memulai langkah-langkah diatas, tetapkan niat terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa malas yang om Mario bisa berikan pada pagi hari ini untuk pembaca setia Ciepo semua. Selamat beraktivitas.

Salam Edan!

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~