15 Universitas Terbaik di Dunia

Setelah sebelumnya gue menulis artikel tentang universitas terbaik di Indonesia, kaga adil dong kalau gue kaga bikin  artikel lain versi universitas terbaik di dunia.

Kali ini gue akan menampilkan beberapa kampus ngetop sama universitas terbaik di dunia yang terkenal akan sumbangsihnya bagi peradaban manusia.

Apa aja universitas terbaik di dunia ini ? Langsung aja dah, cekidot gan.

15. Universitas Yale

sumber: yale.edu sumber: yale.edu

Negara: Amerika Serikat

Kampus yang berlokasi di New Haven, Amerika Serikat ini ternyata berdiri dari tahun 1701 atau sekitar 300 tahun sebelum gue lahir.

Jurusan yang terkenal di kampus ini jurusan hukum dan seni. Ga tanggung-tanggung alumni universitas ini rata-rata politisi legenda seperti George H. W. Bush dan Hilary Clinton.

14. EPFL (Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne)

sumber: lucywillshowyou.com sumber: lucywillshowyou.com

Negara: Swiss

Ditempat ke 14 ada salah satu universitas teknologi terbaik di swiss yang berdiri dari tahun 1853. Kampus ini menjadi salah satu kampus yang menarik beberapa peneliti jenis di dunia.

Tingkat riset kampus ini termasuk tinggi dengan sering menerbitkan jurnal berkualitas tinggi di beberapa tempat. Jurusan yang terkenal di kampus ini adalah Kimia.

13. Nanyang Technological University

sumber: Wikipedia (singaporean) sumber: Wikipedia (singaporean)

Negara: Singapura

NTU salah satu universitas muda terbaik yang ada di Dunia. Di umur yang masih jagung ini, universitas ini berhasil membuktikan diri sebagai kampus dengan hasil riset yang sangat tinggi.

Di beberapa tahun terakhir dari tahun 2012 universitas masih diluar 15 besar. Namun di 2015 ini, universitas ini berhasil bertengger di peringkat 13.

12. National University of Singapore

sumber: Wikipedia (sengkang) sumber: Wikipedia (sengkang)

Negara: Singapura

Berbanding terbalik dengan Nanyang yang masih mudah, universitas yang ini tergolong cukup tua karena didirikan sekitar tahun 1905.

Universitas ini masuk ke dalam peringkat 12 yang otomatis membuatnya menjadi universitas nomor 1 di Asia Tenggara, bahkan Asia!

11. Universitas Princeton

sumber: isb.ac.th sumber: isb.ac.th

Negara: Amerika Serikat

Diperingkat ke 11 ada salah satu universitas swasta yang terletak di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1746.

Beberapa alumni terkenal dari universitas ini antara lain Alan Turing (bapak komputer), Woodrow Wilson (presiden ke 28 Amerika Serikat), Jeff Bezos (Founder Amazon.com) dan Eric Schmidt (Eksekutif di Alphabet, dulunya Google).

10. Universitas Chicago

university_of_chichago

Negara: Amerika Serikat

Lagi di nomor 10 ada universitas swasta lain yang didirikan pada tahun 1890 yang membuat umur universitas ini lebih dari 100 tahun.

Universitas ini dikenal memiliki budaya riset yang tinggi dan juga fokus studi yang cukup banyak. Salah satu alumni dari universitas ini antara lain Bernie Sanders (politisi terkenal Amerika), Milton Friedman (Pemenang Nobel), James Watson (Penemu DNA bersama Francis).

9. ETH Zurich

sumber: uma.es sumber: uma.es

Negara: Swiss

Di nomor 9 ada universitas yang memiliki reputasi riset yang sangat tinggi dari negara Swiss yaitu ETH Zurich.

Di bidang riset ilmu bumi dan keluatan, universitas ini menempati peringkat 1 dunia. Sedangkan dibidang rekayasa dan teknologi ada di peringkat 5.

Alumni terkenal dari universitas ini sang fisikawan terkenal Albert Einstein dan matematikawan yang banyak berkontribusi untuk ilmu pengetahuan yaitu John Von Neumann.

8. Imperial College London

sumber: imperial.ac.uk sumber: imperial.ac.uk

Negara: Inggris

Di tahun 2014 lalu, universitas ini masuk di peringkat kedua terbaik di dunia, namun tahun ini melorot ke peringkat 8.

Universitas ini menyediakan banyak topik bidang studi seperti sains, rekayasa, obat-obatan dan manajemen. Untuk bidang rekayasa teknik sipil, universitas ini terbaik nomor 4 di dunia bahkan di 2013 lalu dinobatkan yang terbaik di dunia.

Salah satu tokoh alumni terkenal yang lulus dari universitas ini antara lain Alexander Fleming yang menemukan antibiotik penisilin.

7. University College of London

sumber: Wikipedia (David Iliff) sumber: Wikipedia (David Iliff)

Negara: Inggris

Di tempat ke 7 ada universitas yang diakui kehebatan studi arsitekturnya. Liat aja dari bentuk kampusnya yang keren gitu, kalau kata orang jaman sekarang, instagram-able.

Beberapa alumni yang terkenal dari universitas ini antara lain Mahatma Gandhi (bapak bangsa india), Alexander Graham Bell (penemu telepon), Francis Crick (penemu struktur DNA), Christopher Nolan (sutradara kondang).

6. Universitas Oxford

sumber: ox.ac.uk sumber: ox.ac.uk

Negara: Inggris

Termasuk salah satu universitas paling tua di Inggris bahkan mungkin dunia, membuat nama Oxford seakan menjadi saksi bisu peradaban manusia.

Beberapa alumni terkenal dari universitas ini antara lain John Locke (filsuf bapak liberal klasik), Stephen Hawking (fisikawan terkenal), David Cameron (perdana mentri inggris), Benazir Bhutto (perdana mentri pakistan), dan Tony Blair (perdana mentri inggris sebelumnya).

5. California Institute of Technology

sumber: Wikipedia (CanonVSNikon) sumber: Wikipedia (CanonVSNikon)

Negara: Amerika Serikat

Misi dari universitas tua ini antara lain untuk memperluas pengetahuan umat manusia dan memberikan benefit kepada peradaban melalui riset yang terintegrasi disertai edukasi.

Gak heran dengan misi ini membuat universitas ini salah satu universitas top nomor 5 di dunia, apalagi untuk urusan sains biologi ada di peringkat nomor 6 dunia.

Meskipun ukurannya termasuk kecil, tapi alumninya sukses membawa pulang total 34 penghargaan nobel dan ratusan penghargaan lain (bayangin sob!).

4. Universitas Stanford

sumber: Wikipedia (Oval) sumber: Wikipedia (Oval)

Negara: Amerika Serikat

Untuk urusan statistik dan operasi matematika serta rekayasa teknologi, universitas ini dibilang jagonya dengan posisi 1 dan 2.

Universitas yang lahir pada tahun 1885 ini memiliki beberapa alumni terkenal seperti Larry Page (founder Google), Elon Musk (CEO Tesla Motors), Marissa Mayer (CEO Yahoo!), Sundar Pichai (CEO Google), John F. Kennedy (presiden ke 35 Amerika Serikat) dan lain-lain.

3. Universitas Cambridge

sumber: colorcoat-online.com sumber: colorcoat-online.com

Negara: Inggris

Mungkin kalau berbicara literatur dan filosofi sejarah, universitas ini masuk salah satu universitas top di dunia. Apalagi urusan literatur sastra inggris di nomor 1 dunia dan ilmu medis di nomor 2 dunia.

Bersama dengan Oxford, kampus ini menjadi salah satu yang tertua di dunia karena didirikan sekitar tahun 1209.

Alumni terkenal kampus ini ? Banyak kayak contohnya Stephen Hawking, Isaac Newton, Charles Darwin, J. J Thomson, Alan Turing, Ernest Rutherford yang rata-rata ilmuwan jenius dijamannya.

2. Universitas Harvard

sumber: campusoption.com sumber: campusoption.com

Negara: Amerika Serikat

Di nomor dua universitas terbaik di dunia ditempati oleh universitas harvard kelahiran 1636 (tua ya?) yang terkenal akan riset biologi dan riset medisnya yang ada di peringkat satu dunia.

Selain itu banyak tokoh-tokoh terkenal yang ternyata lulusan Harvard seperti Mark Zuckerberg (founder Facebook), Bill Gates (founder Microsoft), Barrack Obama (presiden AS) dan Gabe Newell (co-founder Valve)

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

sumber: fanpage facebook resmi sumber: fanpage facebook resmi

Negara: Amerika Serikat

Oke coy, dinomor satu ada universitas terbaik di dunia yang dikenal akan riset teknologinya yang canggih. Bahkan untuk rekayasa teknologi dan ilmu komputer universitas ini didapuk sebagai yang terbaik di dunia.

Alumninya yang terkenal antara lain Richard Stallman (bapak open source), Kofi Annan (mantan sekjen PBB), Richard Feynman (penemu teori kuantum elektrodinamik), dan beberapa astronot serta engineer NASA lainnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa universitas terbaik di dunia yang bisa gue rangkum berdasarkan QS World University Rankings® untuk periode 2015/16.

Menurut kalian sendiri kapan ya universitas terbaik di Indonesia bisa nyempil di peringkat di atas. Kalau menurut gue pasti bisa, tapi bukan sekarang.

Bagikan komentarmu lah coegs!

Terbaru

Ciee Kepoo

Tempat buat baca artikel santai, cocok buat nongkrong orang yang kurang kerjaan seperti mimin dan kamu, iya kamu ~