5 Ciri Khas Beras Plastik

oleh

Sekarang lagi heboh-hebohnya nih beras plastik di tipi-tipi maupun di koran. Selain berbahaya buat tubuh, makan beras plastik gak keren sob, malu sama kucing yang makan ikan, meong-meong.

Disinyalir asal beras ini dari berasal dari China yang sedang disalurkan di kota Taiyuan. Namun kok bisa ya nyangkut di negeri kita tercinta ? waduh.

Kali ini Ciepo memberikan beberapa ciri khas beras plastik, agar para pembaca lebih berhati dalam membeli beras. Yuk disimak.

1. Bentuknya Agak Beda

Beras plastik atau sintetis ini lebih keras daripada beras biasa. Kalau beras biasa digigit itu patah, kalau beras sintetis ini digigit, gigimu yang patah *eh.

Beras sintetis juga bentuknya lebih mulus dan licin, kalau beras asli bentuknya agak pecah-pecah dan ga begitu seragam.

2. Tidak Menyerap Air

Berhubung beras sintetis dibuat dari plastik, otomatis gak menyerap air pas dimasak. Ketika dimasak beras plastik ini justru seperti meleleh dan masih mengeras tanpa banyak kehilangan bentuk.

Pada beras asli, bentuknya akan melunak dan sedikit mengembang. Jika dimasak dan dijadikan bubur, beras plastik tidak mampu menyerap air sebanyak beras asli. Jadinya beras asli bisa berubah menjadi bubur, sedangkan beras plastik masih berupa bentuk aslinya.

3. Warnanya Putih Bening

Beras sintetis warnanya lebih bening dan kinclong dibanding beras asli. Kadang selain bening juga bisa warna putih penuh agak berbeda dibanding beras biasa.

Beras asli warnanya putih tidak teratur dan terkadang juga agak kuning. Jika dibilas dalam air, air bilasan menjadi agak keruh, sedangkan ketika beras plastik dibilas, airnya tidak sekeruh beras asli.

4. Rasanya Hambar

Berhubung ini beras plastik merupakan beras abal-abal, otomatis ga ada rasanya alias hambar. Bahkan ketika dimasak untuk dijadikan bubur pun bentuknya ga sesempurna beras asli.

Kalau beras asli biasanya ada sedikit rasa manis, kenapa kok bisa gitu ? karena ketika dimasak glukosa dalam beras telah terurai dan siap dicerna oleh tubuh.

5. Berbau Sangit

Beras plastik ini ketika dimasak dan dicium tidak terdapat bau khas beras biasanya, tapi malah berbau tidak sedap seperti memiliki aroma bahan kimia.

Dibandingkan beras plastik yang berbau aneh, beras asli umumnya berbau harum khas nasi. Jika kamu merasa mual karena mencium bau nasi yang dimasak, kamu harus patut curiga beras itu dari plastik.

Itulah beberapa ciri khas beras plastik yang berhasil ciepo rangkum dari berbagai sumber. Yuk hati-hati sebelum membeli beras.

komentar

komentar