18 Judul Lagu Iwan Fals Terbaik

oleh

sumber: damas priyottama

Bang Iwan memang fenomenal, salah satu musisi yang berani menentang rezim orde baru dari mimin masih bocah. Ga heran Majalah Time memberinya sebutan Pahlawan Besar Asia.

Sewaktu menulis ini, sebenernya mimin galau setengah mati milihnya, karena hampir semua lagunya bagus dan enak didengar. Hampir semua kalangan suka lagu-lagu bang Iwan.

Apa aja judul lagu Iwan Fals terbaik dan enak didengar ? Langsung aja simak lagu terbaik versi Ciepo berikut ini.

18. Mata Indah Bola Pingpong

Boleh dibilang ini lagu gombal banget wkwk. Tapi serius, mungkin kalau kamu nyanyikan lagu ini ke doi, bisa kali dia klepek-klepek.

Isi liriknya penuh dengan pujian cocok untuk sang wanita yang cakep di ujung sana, iya kamu yang baca artikel ini (yang cowok jangan senyum2).

17. Bongkar

Lagu ini dibuat bang Iwan untuk menunjukkan perlawanan atas ketidakadilan hukum yang terjadi di negara tercinta kita, Indonesia.

Bener kata bang Iwan, kalau cinta sudah dibuang, jangan harap keadilan datang, karena setan sudah berdiri mengangkang.

16. Kumenanti Seorang Kekasih

Lagi ada lagu yang sedap dan enak di dengar, salah satu lagu favorit mimin jaman masih abege. Anak Bau Gule. Pret.

Mungkin lagu ini cocok buat jomblo lapuk yang kesepian bertahun-tahun dan berharap ada seekor bidadari cantik mau menerima apa adanya. Asoy.

15. Siang Seberang Istana

Lagu yang menceritakan kondisi nyata yang dapat kita temui sehari-hati dimana ada seorang anak kecil bertubuh dekil tertidur di pinggir jalan seberang istana.

Bahkan tamu negara pun turut prihatin menyaksikan pemandangan yang menyayat hati. Mengelus dada dan menggelengkan kepala.

14. Buku Ini Aku Pinjam

Kalau dilihat dari tahun pembuatan, lagu ini dibuat pas mimin belum lahir dan mungkin cocok buat orang tua mimin yang masih muda.

Liriknya sederhana dan mudah dicerna, beda banget sama lagu sekarang, setuju ga ? Nadanya juga mudah diingat dan dinyanyikan.

13. Ijinkan Aku Menyayangimu

Salah satu lagu romantis lain dari bang Iwan Fals. Dari liriknya sih usaha seorang pria yang berusaha menaklukan hati wanita pujaannya.

Dan kamu tahu ? entah karena belum bisa move-on atau emang ga suka sama ni laki, dia belum mau nerima cintanya. Ampun Dije.

12. Bento

Boleh dibilang salah satu lagu paling asik dari om Iwan yang dilihat dari liriknya dan beberapa teori orang-orang, ini lagu buat mengkritisi anak pak harto jaman dulu.

Harta melimpah, wajah ganteng, banyak bisnis dan punya berbagai tipu muslihat membuat lagu ini sangat menohok orang yang merasa lagu ini buat dirinya. Ugh sakit jendral!

11. Manusia Setengah Dewa

Lagu manusia setengah dewa ini mungkin menjadi salah satu lagu yang cukup kontroversi dimasanya. Lagu ini mendapat protes dari umat Hindu karena kovernya yang cukup menyinggung.

Lagu ini dirilis bertepatan sebelum pemilu serta kental nuansa politiknya, tapi kalau diliat dari liriknya sih lagu ini ditujukan untuk presiden baru Indonesia.

10. Guru Oemar Bakrie

Lagu country enak lainnya dari bang Iwan Fals yang mengkritisi pemerintah tentang kesejahteraan para guru yang kurang dianggap.

Padahal seperti yang kita tahu, guru itu sendiri banyak menciptakan mentri, doktor, insinyur, bahkan bikin otak orang seperti otak Habibie.

9. Galang Rambu Anarki

Lagu ini menceritakan tentang salah seorang anak laki-laki dari bang Iwan Fals, yaitu si almarhum Galang Rambu Anarki.

Galang sendiri meninggal di usia yang masih muda karena Asma namun ada juga yang beranggapan terkena overdosis narkotika.

8. Aku Bukan Pilihan

Buat para lelaki di luar sana, yang masih galau karena menjadi pilihan kedua sang kekasih, lagu ini tepat buat menemani rasa galaumu.

Bayangin aja coy, biasanya banyak lagu tentang cewek yang diselingkuhin, tapi dibalik itu semua om Iwan berhasil mengemas lagu ini menjadi lagu yang apik bagi para lelaki.

7. Ibu

Buat sahabat Ciepo yang merindukan emaknya, dengerin lagu ini sambil resapi tiap makna liriknya. Dijamin air mata bakal meleleh syahdu.

Lagu ini bisa menjadikan kenangan di saat kita masih kecil, tertidur di pangkuan sang bunda tercinta yang sudah merawat kita dari kecil sampai gede gini.

6. Surat Buat Wakil Rakyat

Dari judulnya udah jelas, jadi ga perlu dijelasin lagu ini ditujukan buat siapa. Yang pasti lagu ini bikin beberapa dewan terhormat kita sedikit gusar haha.

Lirik lagu ini mengkritik kinerja anggota dewan selama ini yang cuma seperti paduan suara dan tidur saja kerjaannya. Anggota dewan dipillih bukan di lotere. Jleb!

5. Sarjana Muda

Bagi sarjana pengangguran kayak mimin ini, mungkin lagu ini bikin hati makjleb banget. Liat aja liriknya, bikin galau para sarjana.

Resah mencari kerja dan hanya mengandalkan ijazah, termenung lesu melangkah dari pintu ke pintu kantor yang diharapkan menjadi salah satu potret sarjana kita.

4. Yang Terlupakan

Sebuah lagu enak lainnya dari bang Iwan yang bertema tentang penyesalan seseorang meninggalkan kekasihnya.

Ada sebuah makna dalam yang sulit diurai kata-kata seperti contohnya “disaat aku tertawa kala memberimu dosa“, maksudnya apaan ? mimin juga kaga ngerti.

3. Doa Pengobral Dosa

Lagu yang sedikit frontal tapi dikemas dengan bahasa yang manis khas bang Iwan Fals. Mungkin bisa dibilang lagu ini versi lainnya Kupu-Kupu Malamnya Peterpan.

Bercerita tentang PSK (si pengobral dosa) yang berusaha memanjatkan doa kepada Tuhan untuk diberikan rezeki agar anaknya tetap bisa makan.

2. Ujung Aspal Pondok Gede

Pergantian jaman dari tradisional menjadi modern dan juga dari desa menjadi kota seolah terlukis indah di lagu ini.

Lagu ini mungkin menceritakan tanah kelahiran tempat dimana bang Iwan tumbuh besar yang berganti dan berubah wajah menjadi hal yang asing baginya.

1. Bung Hatta

Di nomor 1 ada lagu favorit banyak orang dan salah satu lagu yang paling sering dilihat di Youtube, yaitu lagu tentang Bung Hatta.

Lagu ini untuk memperingati sang bapak proklamator tercinta yang meninggal pada tahun 1980 di usia 77 tahun ini. Liriknya sungguh menyentuh jiwa siapapun yang mendengarnya. Selamat jalan bapak proklamator!

Akhir Kata

Itulah beberapa lagu Iwan Fals terbaik dan paling enak yang bisa mimin rangkum dan tampilkan di artikel ini.

Masih banyak lagu Iwan Fals yang enak di denger sebenernya, tapi karena keterbatasan tangan, jadi segini dulu ya sob, hehe.

Ada yang mau nambahin ? Tuliskan di Komentar!

komentar

komentar