5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Menyisakan Makanan

oleh

Saya sebagai manusia kadang miris ketika melihat di warung-warung banyak makanan yang tersisa di piring mereka.

Ternyata di sekitar kita masih banyak orang yang tega menyia-nyiakan makanan yang merupakan salah satu rejeki titipan dari yang di Atas.

Berikut saya paparkan beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh menyisakan makanan. Mari kita simak.

1. Menghargai Perjuangan Mereka

petani

Apakah kamu tahu bahwa nasi kamu yang kamu makan itu adalah hasil peluh keringat bapak petani yang dari pagi sampai sore bekerja di sawah ?

Beliaulah salah satu orang yang berjasa agar kita masih dapat hidup di dunia ini, dengan apa ? ya, dengan tanaman yang mereka tanam untuk kita konsumsi selama ini.

Masih maukan kamu menyia-nyiakan sepiring nasi yang terhidang hari ini ? Masih tegakah dirimu menyia-nyiakan hasil kerja keras mereka ?

2. Banyak yang Tidak Bisa Makan

anak_kecil_makan

Di saat kamu menyisakan dan membuang makananmu, di luar sana entah dimana ada seorang anak yang sedang mengais roti dari tempat sampah hanya untuk mengganjal perut.

Disaat kamu bingung hari ini mau makan apa, mereka juga bingung apakah besok masih bisa makan?

Dengan kamu menyisakan makanan itu seperti kamu tidak ada rasa empati terhadap mereka-mereka yang masih kurang beruntung.

3. Sumberdaya Kita Terbatas!

ladang

Pasokan sumberdaya khususnya pangan di dunia ini terus terdesak. Bahkan ada yang memperkirakan bahwa nantinya konsumsi akan melebihi produksi pangan.

Padahal makanan yang kamu buang sia-sia itu bisa saja harusnya didistribusikan di tempat lain yang benar-benar kekurangan pasokan makanan.

Kalau ada yang menyanggah “ini uang gue kok, lu yang sewot”, iya bener itu uang kamu, tapi kamu juga harus tau bahwa makanan yang kamu buang itu sumberdaya kita bersama yang terbatas bung!

4. Uang yang Sia-Sia

duit uang rupiah

Bayangin aja kalau andai aja tiap biji beras itu harganya 1 rupiah dan selama sebulan kamu udah buang-buang 50 ribu biji beras, kan lumayan juga vroh.

Gitu-gitu itu duit juga yang kamu atau bapakmu cari susah payah. Kecuali kalo koruptor sih, nyari duitnya gampang, pasti duit segitu kaga ada apa-apanya 😛 .

5. Nambah-Nambahin Sampah

sampah

Kalian tau sendiri kan kalau lahan buat buang alias TPA itu makin lama makin dikit. Lahan di dunia ini kaga bisa nambah lagi, kecuali kalau kamu mau tambah tanah kaplingan di mars.

Semakin banyak sisa makanan yang terbuang otomatis jumlah sampah pasti meningkat. Jumlah sampah meningkat, otomatis lebarin lahan TPA yang udah sesak itu.

6. Salah Satu Anugrah

petani_wanita

Dan terakhir kamu harus menyadari bahwa adanya bahan makanan ini merupakan salah satu anugrah terindah dari Yang Maha Kuasa.

Kita tidak boleh menyia-nyiakan apa yang telah diberikanNya kepada kita. Manfaatkan baik-baik sumberdaya yang ada sebagai rasa syukur atas anugrah yang ada.

Akhir Kata

Itulah beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh menyisakan makanan yang kamu makan. Syukuri yang ada dan tetaplah sederhana.

Salam Edan!

 

komentar

komentar