11 Manfaat Kopi yang Harus Kamu Tahu

oleh

Bagi gw ngopi di pagi hari itu sudah jadi kewajiban. Entah ada yang kurang di bibir gw kalau kaga minum kopi sob. Lu juga ngerasain kan?

Apalagi kopi item panas sambil diseduh pas cuaca mendung angin sepoi, sedap bener~. Kali ini gw mau kasih tau ke lu beberapa manfaat kopi yang ciamik.

Apa aja manfaat kopi sih sebenernya ? Mari kita simak berikut. Cekidot.

1. Meningkatkan Energi

kopi_latte_featured

Menurut beberapa riset, kopi dapat membantu orang untuk lebih bertenaga dan mengurangi tingkat capek.

Karena didalam kopi terdapat senyawa kafein yang ketika dikonsumsi akan terbawa ke otak dan menghalangi neurotrasmitter bernama adenosin.

2. Membantu Membakar Lemak

basket_aktif

Di beberapa produk pembakar lemak, terdapat senyawa kafein yang ternyata salah satu senyawa yang turut andil membantu pembakaran lemak. Kenapa ?

Karena menurut beberapa riset, kafein mampu meningkatkan kecepatan metabolisme dalam tubuh sebanyak 3-11%.

3. Meningkatkan Kemampuan Fisik

binaraga_latihan_olahraga_otot

Karena kafein menstimulasi sistem saraf untuk tetap terjaga, membuat fisik menjadi lebih siap siaga.

Selain itu juga kafein mampu meningkatkan level adrenalin dalam darah, salah satu hormon yang berpengaruh dalam kekuatan fisik dan spontanitas.

4. Salah Satu Sumber Antioksidan Terbesar

biji_kopi_berkualitas

Banyak orang yang gak menyangka kalau kopi itu ternyata kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Bahkan fakta studi melanjutkan, kebanyakan orang lebih banyak mendapatkan antioksidan di secangkir kopi dibandingkan buah-buahan.

5. Membuat Lebih Bahagia

kopi_di_taman

Yang namanya depresi itu bahaya kalau kagak ditangani, bisa memicu berbagai penyakit lain untuk menyerah tubuh kita.

Sebuah studi dari Harvard di 2011, menjelaskan bahwa wanita yang minum 4 atau lebih kopi per hari memiliki resiko 20% lebih rendah untuk depresi.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Parkinson

kopi_dari_atas

Penyakit Parkinson ini menjadi salah satu momok penyakit kerusakan syaraf setelah Alzheimer, yang disebabkan matinya syaraf penghasil dopamin di otak.

Sama seperti Alzheimer, penyakit ini masih belum ada obatnya, dan masih fokus di pencegahan. Sebuah studi menunjukkan kalau peminum kopi punya resiko mengalami penyakit parkinso sebesar 32-60% lebih rendah daripada orang kebanyakan.

7. Melindungi dari Alzheimer

kopi_kerja

Sebelas dua belas sama Parkinson, penyakit ini sering ditemui di orang-orang tua yang umurnya biasa di atas 65 tahun. Dan penyakit ini belum ada obatnya.

Cara mencegahnya selain hidup sehat seperti berolahraga, beberapa studi juga menunjukkan bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko terserang penyakit ini sebanyak 65%.

8. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

kopi_makro_biji

Penyakit diabetes tipe 2 ini ternyata banyak juga lho penderitanya. Gak cuma beberapa ribu orang, tapi sampai 300 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit ini.

Beberapa studi menampilkan bahwa orang yang meminum kopi menurunkan resiko diserang penyakit ini sebanyak 23-50%, cukup tinggi.

9. Memiliki Nutrisi Penting

kopi_panas

Kamu pasti mikir, kalau kopi ini cuma minuman biasa tanpa ada nutrisi apa-apa. Pemikiranmu kayaknya perlu sedikit gw koreksi.

Karena faktanya, air item ini punya beberapa nutrisi lho, kayak Vitamin B2, Vitamin B5, Mangan, Potasium, Magnesium, Niasin.

10. Menurunkan Resiko Stroke

biji_kopi_dekat

Beredar mitos dari jaman kapan kalau minum kopi itu bikin darah tinggi, memang benar, tapi efeknya kecil sekitar 3-4 mm/Hg dan biasanya hilang dengan sendirinya kalau kamu minum teratur.

Bahkan beberapa studi menjelaskan bahwa peminum kopi ini ternyata punya penurunan resiko terkena stroke sebesar 20 %.

11. Membantu Hidup Lebih Lama

kopi_nikmat

Dengan banyaknya manfaat kopi yang bisa kita peroleh, membuat gw gak ragu kalau kopi ini juga membantu kita hidup lebih lama.

Beberapa pengamatan menampilkan peminum kopi mempunyai resiko kematian prematur yang rendah. Di dua studi yang besar, untuk laki-laki mengalami penurunan resiko sebanyak 20% sedangkan wanita sebanyak 26%.

Akhir Kata

Sekian beberapa ulasan manfaat kopi yang gw rangkum dari berbagai sumber referensi, jika ada salah kata mungkin lu bisa koreksi beberapa tulisan gw.

Kamu penikmat kopi juga ? Apa aja yang kamu rasakan waktu nikmati kopi ini ? Kalau gw sih ditemani gorengan sambil ngerokok di teras itu udah sedap banget.

Bagikan komentarmu yok.

komentar

komentar