7 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

oleh

Di pagi yang cerah ini gw habis jogging pagi dan lu tau perubahan apa yang gw rasakan semenjak rutin lari pagi ? Badan gw makin seger sob. Serius.

Apalagi pagi hari gini udaranya masih seger dan adem cocok buat pemanasan badan sebelum memulai hari.

Kali ini gw akan berbagi apa aja efek dan manfaat lari pagi bagi kesehatan kita-kita. Cekidot.

1. Meningkatkan Stamina

lari_pagi_cewek

Dorong motor baru beberapa meter udah banjir keringat, muka mesem, badan lemes, nafas ngos-ngosan. Staminamu kurang greget itu namanya.

Salah satu manfaat lari pagi ya ini, meningkatkan stamina kamu buat meningkatkan beban dan durasi tubuhmu dalam bekerja.

Kalau gw boleh ngasih istilah keren, istilahnya endurance alias seberapa kuat ketahanan tubuhmu dalam melakukan aktivitas yang panjang.

2. Memperkuat Sistem Imun

lari_panorama

Yang ini ga usah dijelasin panjang lebar cukup pake bukti pengamatan aja udah bisa. Lu liat dah itu orang yang suka olahraga sama orang biasa, sering sakit mana coba.

Orang yang suka lari pagi, dapat manfaat punya sistem imun yang lebih garang, lebih setrong, lebih kuat melawan bibit-bibit penyakit di alam bebas ini.

Kalau boleh dibandingkan, sistem imunnya orang yang suka olahraga itu kayak Kopassus, gesit dan mematikan, dibandingkan sistem imun orang biasa yang hanya penjaga pos ronda ujung gang.

3. Memperkuat Jantung

pelari_jalan

Anak SD juga ngerti kalau jantung makin sehat dan kuat kalau kita lari. Tapi yang jadi esensinya itu kenapa bisa begitu sob?

Ini gw kasih sedikit teori, waktu lu pada lari, otomatis jantung itu kan kerja agak keras dan otot-otot jantung jadi terlatih.

Ibaratnya lu itu fitness buat bikin otot lu kekar, tapi bukan otot dada atau tangan, tapi otot jantung lu pada. Biar apa ? Biar lu tambah sehat lah, malah pake nanya 😛 .

4. Meningkatkan Metabolisme

lari_koridor

Ngerasa letoy seharian ? Males ngapa-ngapain ? Wah itu tandanya tubuhmu terlalu terlena di zona nyaman, kudu kamu genjot biar ga letoy.

Saat rutin lari, tubuhmu jadi terbiasa dengan metabolisme yang tinggi, artinya kamu siap untuk beraktivitas dengan energi yang meledak-ledak.

Ga ada di kamus kata badan lemes, ngalah-ngalahin orang laper aje, apalagi kalau umur masih muda, malu sama kakek-kakek yang narik gerobak seharian sob, malu 😆 .

5. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

pelari

Kamu yang biasanya cuma sekali tarikan nafas aja udah ngos-ngosan, atau jalan kaki biasa aja udah capek dan bahkan ngerasa beli lalapan di seberang jalan aja kudu pake motor, patut dipertanyakan itu paru-paru.

Kagak cuma digimon-mu yang perlu dilatih lho, itu paru-paru ditubuhmu perlu dilatih juga sob. Kalau sering lari atau olahraga biasanya sih kapasitas paru-paru meningkat waktu nampung udara.

Efeknya ? Kamu jadi lebih lancar bernafas dan otomatis vokalmu jadi terdengar jelas, ngomongmu pun kagak gagu, suer dah!

6. Memperbaiki Suasana Hati

color-run_cewek

Kamu orangnya suka baper ? temen nganggap kamu resek ? Mungkin kamu kurang gerak sob. Suer. Dulu gw orangnya suka baperan, tapi semenjak suka lari jadi tentram hati.

Gimana ya jelasinnya, tapi menurut riset, orang yang suka lari itu dapat meningkatkan endocannibinoids, senyawa kimia di otak yang bikin orang bahagia.

Jadi ga heran, orang-orang yang suka olahraga itu anaknya asik-asik dan cocok buat temen hangout kemana kek, contohnya kayak gw ini lho (promo mode: on).

7. Mencegah Berbagai Penyakit

cewek_sakit

Berbagai penyakit yang disebabkan lu jarang gerak dapat diminimalisir dengan lari atau jogging. Ga harus lama-lama, cukup 20-30 menit udah bisa lu rasain manfaatnya.

Contohnya apa ? Buanyak sob kayak darah tinggi, diabetes, jantung, dll. Apalagi sistem imunmu makin bagus, jadi ga heran orang yang sering olahraga jarang keliatan sakit.

Akhir Kata

Udah cukup cuap-cuap gw tentang beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan lu pada. Banyak referensi jurnal dan studi yang mendukung pernyataan gw diatas kok, jadi sante aje.

Tapi berhubung ini artikel santai, jadi gw kagak masukkan teori yang bikin ngantuk, ntar tulisan ini berasa karya ilmiah, woke coy ?

Daripada lu bengong, mending isi komentar kek, biar ga sepi ini Ciepo. 😆 .

komentar

komentar