8 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Lebih Efektif

oleh

Sebagai programmer amburadul yang ganteng, mimin sendiri pernah mengalami yang namanya frustasi di awal belajar bahasa pemrograman komputer.

Apalagi koneksi internet di pelosok yang kurang mantap (posisi mimin dulu di kota Sangatta, Kutai Timur), menambah rasa frustasi mimin.

Kali ini mimin ingin berbagi beberapa tips belajar bahasa pemrograman agar lebih efektif dan temen-temen gak begitu frustasi, hehe. Cekidot.

1. Cobain Kode Sampel

fungsi_kode

Ga ada cara terbaik belajar bahasa pemrograman selain nyoba langsung kode-kode sampel yang udah pernah dibikin orang lain.

Kita bisa melihat bagaimana cara kerja bahasa pemrograman tersebut melalui kode yang telah dibuat oleh orang lain.

Hal ini yang mimin lakukan pertama kali ketika belajar bahasa pemrograman yang benar-benar baru bagi mimin, sebelum baca panduan.

Jadi kodenya dimodifikasi dan dirubah sedemikian rupa untuk melihat hasilnya jadi apa, kalau dirubah gini jadi bagaimana. Tergantung kreativitasmu, dan tentunya jadi lebih mudah paham. Setuju ga ?

2. Tulis Kode & Jalankan

kerja_koding_kopi

Temen-temen ga bakalan bisa bikin program komputer kalau cuma dibaca doang tanpa coba-coba tulis kodenya.

Coba bikin yang sederhana dulu. Ibaratnya nih, hello world di dunia programming itu kayak ucapan selamat datang buat kita mencoba menjelajahi dunia ini.

Setelah itu, coba tulis variabel, kondisi cabang, input output, dan looping. Setelah mulai bisa menulis beberapa konsep dasar di pemrograman, lanjutkan lagi ke tingkat yang agak sulit.

Dengan menulis kodemu sendiri, kamu jadi paham dan mengerti alur proses bagaimana alur aplikasi itu dihasilkan dari penulisan kode sampai menjalankannya.

3. Baca Dokumentasi / Panduan

buku_pemrograman

Ga tau gimana cara jalankan kodenya ? Atau bingung mulai darimana ? Well, dokumentasi atau panduan wajib hukumnya buat dibaca kalau gitu.

Ada pepatah kuno di internet yang biasanya dilontarkan di forum-forum saat kamu bertanya :

RTFM! — Read the Fuckin* Manual

Sebenarnya ungkapan itu gak ada salahnya juga, buat menghindari pertanyaan yang sama dan terlalu dasar ditanyakan berulang-ulang, wkwk kan capek ngetik buat jawab satu-satu.

Jadi biasakan baca dokumentasi dan panduan terlebih dahulu, setelah itu kalau masih ga paham, coba tanya-tanya, mungkin ada jawaban yang lebih mudah dipahami.

4. Sering Diskusi

diskusi_rekan_kerja

Diskusi ga harus offline atau bertatap muka, media online sekarang udah banyak kok yang bisa dijadikan ajang diskusi mulai dari grup facebook sampai forum kaskus.

Diskusi dan tanya jawab akan meningkatkan ilmu dan pengetahuan kita khususnya di pemrograman ini selalu berevolusi.

Di bahasa pemrograman ini pasti akan ada hal-hal baru dan fitur-fitur baru, sehingga membuat kita harus tetap up-to-date dan tidak ketinggalan hehehe.

5. Ketahui Kesalahan Umumnya

kode_kertas_pulpen

Banyak kesalahan pemula seperti yang mimin lakukan dulu (sampai sekarang masih cupu kok wkwk), mulai dari titik koma sampai berbagai Exception yang mendera jiwa.

Jadi setelah mulai familiar dengan bahasa pemrograman ini coba cari di internet apa saja kesalahan umum pemula yang ada di bahasa tersebut, agar kamu bisa lebih mudah menanganinya.

6. Belajar Bagaimana Debugging

anak_it

Tiap bahasa pemrograman punya metode dan cara debugging yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan dengan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari dan cari bagaimana cara debugging-nya.

Karena mimin sukanya main-main di C#, otomatis mimin dulu pake Visual Studio dan memakai fitur breakpoint untuk debugging alur kode yang mimin tulis.

Lain halnya waktu masih belajar PHP, mimin memakai fungsi print_r() untuk ngintip isi variabel, karena mimin kagak pake IDE khusus apa-apa cuma modal notepad++ jaman dulu ← sedih coy wkwk.

7. Pelajari Fundamentalnya

begadang

Tanpa pondasi yang kuat, apa yang kita bangun akan mudah runtuh. Mengerti fundamental membantu kita buat menulis kode lebih baik.

Dengan mengerti fundamental, kamu jadi gak bingung ketika melompat-lompat ke bahasa pemrograman yang baru karena konsep dasarnya sudah kamu pelajari dengan baik.

Misal kalau bahasa pemrogramannya mirip-mirip dan kamu sudah mengerti konsep OOP, berpindah dari Java ke C# menjadi lebih mudah, karena dua bahasa ini mirip satu sama lain.

Selain itu juga ada contoh lain, misal kalau pas ditanyain dosen tentang bahasa pemrograman yang kamu pake di skripsimu, kamu bisa ngeles lebih keren! (pengalaman masa lalu wkwk).

8. Nyalakan Passion

api_korek

Tanpa passion, kita ibarat belajar bahasa pemrograman ini dengan kondisi jiwa yang kosong, ilmu yang ada sulit banget buat masuk ke otak.

Terlihat kok perbedaan orang yang punya passion di pemrograman dengan yang tidak. Bagaimana cara melihatnya ? Biasanya terlihat di kualitas source code yang mereka tulis.

Bonus

Selain tips diatas ada beberapa hal lain yang harus diketahui, seperti algoritma dan best practices. Algoritma membantu sekali untuk solving problem di dunia pemrograman ini.

Sedangkan best practices biasanya membantu kamu mendapatkan kualitas kode yang lebih baik. Selain itu jaman sekarang tutorial video juga banyak, itu bisa dicoba juga kok.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips dari mimin bagaimana cara belajar programming yang asyik dan mempercepat teman-teman memahami bahasa pemrograman komputer. Apapun bahasanya, kalian semua luar biasa. Wasek.

Memang sih mimin masih belum begitu expert atau pakar, tapi mimin setidaknya ingin berbagi pengalaman, agar temen-temen bisa belajar bahasa pemrograman lebih cepat.

Mungkin ada yang mau nambahin lagi tips belajar bahasa pemrograman lainnya ? Langsung aja tulis di komentar ya gaes! 😀 .

Selamat Koding! 😆 .

komentar

komentar