7 Cara Menyelesaikan Skripsi Dengan Cepat

oleh

Halo sahabat Ciepo yang mimin cintai dan kasihi, buat kalian yang mahasiswa tingkat akhir ataupun menjelang akhir, mimin punya tips rahasia untuk mengerjakan skripsi hanya satu semester.

Sebagai mahluk bernama mahasiswa, mimin yang kece ini tentunya kudu garap tugas besar nan kampret yang bisa kita sebut Skripsi.

Skripsi ini bukan salah satu jenis lalapan ayam yang biasa kita makan di warung lamongan Pak Doel, bukan itu. Tapi skripsi adalah hasil jerih payah kita dalam menuaikan tugas suci.

Mau tau cara menyelesaikan skripsi dengan cepat khas mimin Ciepo? Yuk langsung diintip.

1. Buat Jadwal Bimbingan

calen

Dosen juga mempunyai kesibukan sendiri guys, alangkah baiknya jika kamu mempunyai jadwal waktu luang dosen kamu.

Luangkan waktumu untuk bertemu beliau dua kali dalam seminggu. Tujuan bimbingan skripsi yang rutin ini agar kamu tidak bisa bermalas-malasan. ingat semakin kamu malas, semakin lama juga skripsimu akan selesai.

2. Hindari Begadang

time

Perlu kalian ketahui, begadang emang waktu yang pas buat ngerjain skripsi, tapi dampak dari kecanduan begadang juga tidak baik.

Selain membuat kamu bangun lebih siang, begadang juga tidak dianjurkan oleh dokter lo. Waktu yang tepat untuk ngerjain skripsi adalah pagi hari, karena otak kita yang masih segar dan pikiran masih jernih.

Coba deh mulai rubah kebiasaan kamu menjadi lebih baik ya dan rasakan bedanya (berasa iklan aja).

3. Bikin Target yang Jelas

target
Ini penting banget! agar kamu selalu termotivasi mengerjakan skripsi, tulislah targetmu, print dan tempel depan di ruangan biasa kamu garap skripsimu.

Misalkan dalam minggu ini kamu harus ngapain aja, trus dalam satu bulan harus kelar satu sampai dua bab.

Dijamin kalau udah gitu, kamu bakal merasa punya tanggung jawab untuk dirimu sendiri dan pastikan kamu tidak melanggarnya ya. Kan sama aja boong kalau dilanggar.

4. Tunda Pekerjaan yang Lain

other

Ya mimin tau ketika mahasiswa pasti banyak kegiatan, entah diajak teman nongkrong, dapet freelance ataupun pekerjaan yang lain.

STOP dulu lah. Cuma SATU SEMESTER demi skripsi kamu dan juga sekaligus bisa membuat orang tuamu bangga guys.

Mimin berani taruhan deh, jika kamu fokus ke skripsi kamu dan mengesampingkan pekerjaan lain, kamu bisa mencapai targetmu hanya dalam satu semester!

Bayangin aja mimin aja rela vakum sementara demi garap skripsi dan meninggalkan mimin Yoga sendirian mengurus Ciepo, hiks..hiks.. sabar ya min Yoga 😥 .

5. Siapkan Reward

reward

Target yang dimaksud disini bisa dalam bentuk kecil guys ga harus yang muluk-muluk biar kamu ga jenuh aja sih maksud pembahasan kita ini.

Misal kamu berhasil nyelesein target bab 2, setelah itu kamu bisa nonton anime, drama korea, nongkrong sama temen sepuasnya sampe hari berikutnya gtu.

Ya sekali-sekali memberikan diri sendiri kesenangan lah, agar tidak stres ketika skripsian, kalau stres yang ada kamu bisa bunuh diri dan masuk koran.

6. Kelola Waktu

fokus

Jika kamu benar-benar ingin mencapai target skripsi kelar tidak lebih dari satu semester, pastikan kamu bisa memanfaatkan waktumu sebaik mungkin.

Apabila ada waktu kosong entah itu pagi, siang ataupun sore ya segeralah kerjakan, dimanapun kamu berada tidak ada alasan untuk tidak bisa mengerjakannya.

Hal ini emang menyiksa, tetapi setelah kelar nanti kamu bisa merasakan timbal balik yang luar biasa. Usahamu tidak akan pernah sia-sia, buktikanlah bahwa kamu bisa!

7. Jalanmu Masih Panjang, Nak!

way

Ketika selesai wisuda bukan berarti perjalananmu cukup sampai disitu. Akan tetapi ini merupakan bagian yang paling awal untuk benar-benar melanjutkan kekehidupan selanjutnya.

Hidupmu akan lebih berat lagi, kamu harus mencari pekerjaan, kamu harus bisa menghidupi diri kamu sendiri, bukan dengan biaya orang tua.

Maka dari itu, motivasi untuk wisuda jangan pernah hilang. Ingatlah skripsimu, Lebih cepat lebih baik. Berasa iklan lagi nih mimin.

Akhir Kata

Jangan pernah tunda pekerjaan pentingmu, jalanmu masih sangat panjang. Percayalah masih banyak pekerjaan berat yang menantimu di depan, jangan sampai tertumpuk oleh pekerjaan lain.

Nah itu tadi tips dari mimin, bagaimana menurutmu? kamu punya pengalaman kesulitan mengerjakan skripsi?

Gapapa kok langsung curhat aja yuk di kolom komentar!

komentar

komentar