7 Kesalahan yang Sering Dialami oleh Pebisnis Pemula

oleh

Hai sabahat ciepo, apakah kamu ingin memulai bisnis? Atau sudah ditengah jalan bisnis yang kamu bangun? Sudahkah mengetahui kesalahan-kesalahn yang sering terjadi yang dialami pebisnis pemula? yuk intip

1. Semangat besar tapi modal pas-pasan

coin

Guys, percaya deh modal itu nomor satu. Meski kamu mempunyai semangat yang tinggi, tetapi kalo semuanya tidak diimbangin dengan modal yang ada itu sangat sulit. Modal itu bagaikan pondasi kamu, jika emang nggak ada modal berarti pondasinya juga gk ada, jadi gampang banget buat gagal usahamu. Jangan pernah meremehkan modal awal ya, Optimis boleh tapi jangan lupa liat kondisi sekitar ya ūüėČ

2. Dana dari Investor tidak dimanfaatkan dengan baik

invest

Ini nih, jika kamu sudah dapat dana dari investor bukan berati dana itu adalah milik kamu sepenuhnya, sehingga kamu lupa untuk apa dana itu ada. Kebutuhan utama dari usaha kamu harus kamu manage dengan baik. Ingatlah suatu hari nanti investor akan memintamu untuk mempertanggungjawabkan dana tersebut.

3. Tidak melakukan riset pasar

innov

Untuk memulai usaha pastikan kamu sudah meriset pasar terlebih dahulu, untuk mengetahui kebutuhan apa aja yang perlu dipenuhi, Jangan sampai kamu meriset pasar ketika sudah ditengah jalan, karena riset pasar akan menuntunmu untuk mencari strategi terbaik dari awal hinggal akhir.

4. Fokus hanya pada keuntungan

cal

Bukan keuntungan yang nomor satu, tetapi proses untuk menujunya yang harus didahulukan. Para pebisnis pemula kadang lalai akan hal ini, mereka terlalu tergiur akan hasil akhir dan keuntungan yang didapat, sehingga berpengaruh buruk pada prosesnya.

5. Idealis, tidak menuruti kemauan pasar

market

Idealis terhadap ide sendiri tanpa memperhatikan kemauan pasar merupakan kesahalan yang fatal. Untuk membuka bisnis target utama adalah pasar, yang menjadi raja disini adalah pasar, jadi berpikirlah untuk realistis terhadap kemauan pasar, bukan mengetumakan idealis.

6. Visi dan Misi yang kurang jelas

blur

Sebelum memulai bisnis yang harus kamu lakukan adalah menentukan Visi dan Misi dari bisnismu, bukan hanya berbisnis seperti air mengalir tanpa adanya tujuan. Visi dan Misi penting untuk selalu meningkatkan kinerja kita dalam berbisnis. Sehingga kamu akan mengetahui sudah sejauh mana kamu membangun bisnis.

7. Merekrut teman hanya karena berbisnis bersama mereka nampaknya asyik

friend2

Ini nih yang sering banget muncul di pebisnis muda usia mahasiswa. Kamu jangan sekali-kali memilih teman hanya karena ingin bersama dia, atau hanya karena dia teman dekatmu. Pilih rekan kerjamu seprofesional mungkin. Untuk memulai bisnis kamu harus mencari orang yang memiliki Visi dan Misi yang sama.

Kesalahan yang sering terjadi apabila kamu merekrut teman tanpa profesional adalah ketika ada suatu kesalahan, kamu SUNGKAN untuk menegur, perbedaan pendapat sangat sering terjadi. Sehingga DIAM menjadi solusi. dan itu akan menghancurkan bisnismu :)

Akhir Kata

Untuk memulai bisnis, persiapkan rencana yang matang, Sering-sering membaca buku strategi bisnis untuk mengetahui kesalahan yang sering terjadi. Karena wawasan yang luas akan membantu kita untuk membuka peluang bisnis yang besar. Pilihlah rekan bisnis yang Profesional :)

 

 

komentar

komentar